Info

Facebook Buat Mesin Pembaca Pikiran, Ini Kata Mark Zuckerberg sang CEO

Wah netizen enggak perlu ngeklik-ngeklik lagi dong?

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi Facebook - (Pixabay/geralt)
Ilustrasi Facebook - (Pixabay/geralt)

Himedik.com - CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan, perusahaannya sedang sibuk membuat mesin pembaca pikiran.

Menurut Zuckerberg, dikutip dari Futurism, Kamis (7/3/2019), Facebook memiliki tujuan untuk mengakses informasi tentang penggunanya tak hanya melalui smartphone dan komputer mereka, tetapi langsung dari otak mereka juga.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini di Universitas Harvard dengan profesor sekolah hukum Harvard Jonathan Zittrain, Zuckerberg menceritakan tentang teknologi yang sedang dikerjakan Facebook. Teknologi itu, dilaporkan Wired, suatu hari bisa memungkinkan pengguna untuk menavigasi menu atau bahkan mengetik menggunakan pikiran mereka sendiri.

Ilustrasi membaca pikiran - (Pixabay/geralt)
Ilustrasi membaca pikiran - (Pixabay/geralt)

Ketika ditanya Zittrain tentang invasi dan implikasi etis dari mesin pembaca-pikiran Facebook, Zuckerberg hanya memberikan jawaban singkat, "Mungkin, ini akan menjadi sesuatu yang dipilih orang untuk digunakan sebagai produk."

Konsep mesin pembaca pikiran Facebook ini relatif sederhana: alat-alat pintar dapat berkomunikasi satu sama lain, tetapi tidak dengan otak manusia. Solusinya, menurut Zuckerberg, adalah perangkat mirip shower cap yang akan membaca sinyal di otak penggunanya untuk membuka kunci aliran data pikiran si pengguna.

Namun, antusiasme Zuckerberg tentang pekerjaannya itu dinilai ironis, karena Facebook telah kehilangan banyak kepercayaan dari para penggunanya setelah bertahun-tahun dilaporkan karena masalah pelanggaran privasi. Jutaan orang Amerika telah meninggalkan jejaring sosial ini sejak 2018.

Berita Terkait

Berita Terkini