Info

Sstt, Ini 7 Bahan Alami yang Bisa Cerahkan Kulit Ketiak

Punya masalah dengan kulit ketiak? Ini solusinya.

Agung Pratnyawan | Yuliana Sere

Ilustrasi ketiak. (pixabay/nicolagiordano)
Ilustrasi ketiak. (pixabay/nicolagiordano)

Himedik.com - Ketiak gelap sebenarnya telah menjadi masalah yang cukup umum saat ini. Ini juga yang masih menjadi perjuangan segelintir orang terutama saat memakai baju lengan.

Tapi jangan khawatir. Ada cara untuk membuat kulit ketiak cerah. Tentu ini harus butuh kesabaran karena semuanya memang ada proses.

Jika kamu rutin menggunakannya, percayalah kulit ketiakmu menjadi lebih cerah. Berikut 7 bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan kulit ketiak, dilansir dari medicaldaily.

1. Kunyit

Selain sebagai bumbu dapur, kunyit bisa digunakan untuk mencerahkan ketiak yang gelap. Ini mengandung senyawa yang disebut curcumin yang mampu mengatur produksi melanin.

Kunyit. (pixabay/stevepb)
Kunyit. (pixabay/stevepb)

 

Menurut Alivebynature, curcumin memiliki efek pada hormon adrenocorticotropic yang dikeluarkan oleh kelenjar pituitari.

Ini pada dasarnya membatasi sekresi sehingga stimulasi produksi melanin berkurang, dan ini menyebabkan kulit lebih terang.

2. Tomat dan gula

Selain memiliki sifat anti-inflamasi, tomat juga memiliki sifat mencerahkan kulit dan mampu mendetoksifikasi kulit.

Gula, di sisi lain, diperlukan untuk membantu pengelupasan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Tomat/unsplash
Tomat/unsplash

 

Untuk membuat scrub ketiak, kamu harus memotong tomat menjadi irisan tipis terlebih dahulu lalu celup ke dalam mangkuk gula atau hanya menaburkannya dengan gula. Usap selama beberapa menit dan bilas.

3. Kentang

Kentang memiliki sifat asam ringan yang mampu mencerahkan kulit. Iris tipis kentang setelah dicuci kemudian potong dan pijatkan ke kulit ketiak. Bilas setelah beberapa menit.

4. Timun

Timun mengandung enzim, garam alami dan vitamin yang mendorong pertumbuhan dan perbaikan sel. Ini juga merupakan sumber antioksidan yang baik dan pelemas otot dan saraf yang baik.

Mentimun/unsplash
Timun/unsplash

 

Timun juga bisa diletakkan di mata untuk membantu mengurangi pembengkakan dan menghilangkan lingkaran hitam. Ini juga bermanfaat untuk ketiak gelap.

Gosok irisan timun selama 10 menit dan bilas dengan air dingin.

5. Minyak kelapa

Minyak ini memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi dan pelembab juga, sehingga kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dari ini.

Minyak kelapa. (shutterstock)
Minyak kelapa. (shutterstock)

 

Minyak kelapa dapat mendetoksifikasi pori-pori kulit, serta mencerahkan kulit ketiak. Gosok selama beberapa menit kemudian cuci dengan air hangat dan sabun.

6. Madu dan mentimun

madu/unsplash
madu/unsplash

 

Paduan dua bahan ini juga mampu mencerahkan kulit ketiak. Caranya sangat mudah. Tumbuk kasar potongan timun dan campurkan dengan madu. Gosok selama 3 menit dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat.

7. Kulit jeruk

Sebelum gunakan kulit jeruk, pastikan kulit ketiakmu tidak ada luka karena akan perih jika terkena bahan asam ini.

Ilustrasi kulti jeruk (Pixabay/Didgeman)
Kulit jeruk (Pixabay/Didgeman)

 

Kamu cukup keringkan kulit jeruk terlebih dahulu di bawah sinar matahari. Parut dan campur dengan sedikit susu dan air mawar hingga berbentuk pasta. Gunakan sebagai scrub selama 10 menit kemudian bilas.

Berita Terkait

Berita Terkini