Info

Dipercaya Ampuh Turunkan Berat Badan, Kopi Hijau Punya 5 Manfaat Ini

Sudah pernah coba kopi hijau belum?

Agung Pratnyawan | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Biji kopi hijau - (Pixabay/goiwara)
Biji kopi hijau - (Pixabay/goiwara)

Himedik.com - Tak hanya teh, kopi juga ada yang hijau, lo. Sama seperti teh hijau, kopi hijau juga menyimpan berbagai manfaat kesehatan.

Biji kopi hijau adalah biji kopi alami yang tidak disangrai, tidak seperti yang biasanya dijual di pasar. Menurut Style Craze, komponen terpenting dari biji kopi adalah asam klorogenik, yang biasanya hilang ketika biji kopi dipanggang.

Sebagian besar biji kopi hijau memiliki kandungan asam klorogenat maksimum. Studi menyatakan, asam klorogenat memiliki sifat anti-obesitas, anti-diabetes, anti-inflamasi, dan anti-karsinogenik. Berkat kandungan itu, biji kopi hijau memiliki 5 manfaat berikut, yang dihimpun HiMedik.com dari Style Craze:

1. Membantu menurunkan berat badan

Studi menunjukkan bahwa ekstrak biji kopi hijau (GCBE) dapat membantu melawan obesitas dengan menurunkan penimbunan lemak tubuh.

Biji kopi hijau - (Pixabay/Schmucki)
Biji kopi hijau - (Pixabay/Schmucki)

 

Studi lain menyatakan, GCE bisa digunakan sebagai suplemen penurunan berat badan yang menjanjikan. Meski begitu penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyebut GCE sebagai 'alat' penurunan berat badan yang manjur.

2. Mengatur tekanan darah

Tingkat tekanan darah pada manusia yang menjadi partisipan dalam sebuah studi berkurang selama mengonsumsi GCE. Asam klorogenat menghambat pembentukan kortisol aktif, hormon yang diketahui meningkatkan kadar tekanan darah. Mengonsumsi kopi hijau juga meningkatkan elastisitas arteri, sehingga menurunkan tingkat tekanan darah.

3. Mencegah penuaan dini

Biji kopi hijau penuh dengan antioksidan dan menawarkan efek anti-penuaan yang luar biasa. Asam klorogenat dalam bijinya dapat meningkatkan fungsi kulit dan fungsi sirkulasi mikro pada manusia.

Mengonsumsi biji kopi hijau sama dengan mengurangi kekeringan kulit dan kehilangan air transepidermal serta menambah tingkat pH permukaan kulit. Mengonsumsi asam klorogenik selama delapan minggu juga meningkatkan hidrasi kulit. Ini adalah manfaat paling penting dari biji kopi hijau.

4. Membantu meningkatkan fokus dan suasana hati

Biji kopi hijau mengandung kafein. Sejumlah sumber menunjukkan bahwa kafein, secara umum, dapat meningkatkan kesehatan mental dengan cara meningkatkan suasana hati, perhatian, memori, dan kewaspadaan.

Belum ada penelitian yang menyatakan bahwa kafein dalam biji kopi hijau memiliki efek yang sama dengan biji kopi lainnya, karena kandungannya relatif rendah dibandingkan dengan kopi biasa.

Juga, orang-orang tertentu mungkin bereaksi berbeda terhadap kafein. Jika Anda pernah mengalami masalah dengan kafein sebelumnya, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi biji kopi hijau.

5. Meningkatkan energi

Lagi-lagi manfaat ini berkaitan dengan kandungan kecil kafein dalam biji kopi hijau. Kafein dipercaya bisa meningkatkan energi dan bahkan meningkatkan kinerja atletik.

Namun, belum diketahui seberapa efektif biji kopi hijau dalam meningkatkan energi Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini