Info

Makan Tiga Telur per Minggu Berisiko Penyakit Jantung, Begini Kata Dokter

Berapa jumlah telur yang kamu makan dalam sehari?

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Telur. (pexels)
Telur. (pexels)

Himedik.com - Telur menjadi salah satu dalam daftar makanan sehat. Lauk ini juga sering dimasukkan dalam diet banyak orang.

Namun, makan telur tampaknya dapat memiliki efek serius pada kesehatan jantung.

Melansir dari mirror, sebuah studi baru oleh para peneliti dari Northwestern University menemukan orang yang makan telur memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Dr Norrina Allen, salah satu penulis penelitian ini, mengatakan, “Pesan yang dibawa pulang sebenarnya tentang kolesterol, yang kebetulan mengandung pada telur khususnya kuning telur.

“Sebagai bagian dari diet sehat, orang perlu mengonsumsi kolesterol dalam jumlah yang lebih rendah.

"Orang yang mengonsumsi lebih sedikit kolesterol memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung," tuturnya.

Sajian telur setengah matang. (pixabay)
Sajian telur setengah matang. (pixabay)

 

Dalam studi tersebut, para peneliti menganalisis diet dan hasil medis dari hampir 30.000 peserta selama rata-rata 17,5 tahun.

Analisis hasil mengungkapkan orang yang makan 3-4 butir per minggu memiliki risiko 6% lebih tinggi gangguan pendengaran dan 8% risiko kematian lebih tinggi.

Secara khusus, tampaknya kolesterol yang ditemukan dalam telur mungkin menjadi penyebabnya.

Kuning telur adalah salah makanan kaya kolesterol di antara semua makanan yang biasa dikonsumsi, dengan satu telur besar mengandung sekitar 186 miligram kolesterol.

Kombinasi telur (unsplash.com)
Kombinasi telur (unsplash.com)

 

Dr Allen mengatakan, “Penelitian kami menunjukkan jika dua orang memiliki pola makan yang sama dan satu-satunya perbedaan dalam pola makan adalah telur, maka kamu dapat secara langsung mengukur efek dari konsumsi telur pada penyakit jantung".

"Kami menemukan kolesterol, terlepas dari sumbernya, dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung."

Jika kamu suka telur, jangan panik. Para peneliti menyarankan agar kamu tidak harus membuang telur seluruhnya, tetapi kamu harus berhati-hati tentang berapa banyak yang kamu makan.

Dr Allen menambahkan, “Kami ingin mengingatkan orang ada kolesterol dalam telur, khususnya kuning telur, dan ini memiliki efek berbahaya. Makanlah secukupnya."

Berita Terkait

Berita Terkini