Info

Dianggap Ma'ruf Amin Penting untuk Atasi Stunting, Ini Pengertian Kolostrum

Inilah mengapa bayi sangat memerlukan ASI.

Agung Pratnyawan | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Cawapres nomor urut 01 Maruf Amin di debat ketiga Pilpres 2019 - (Suara.com/Arief Hermawan)
Cawapres nomor urut 01 Maruf Amin di debat ketiga Pilpres 2019 - (Suara.com/Arief Hermawan)

Himedik.com - Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengungkapkan pentingnya kolostrum untuk mengatasi stunting dalam Debat Cawapres 2019. Pasangan capres petahana Joko Widodo (Jokowi) ini mengatakan, gizi bayi dapat dipenuhi dengan ASI selama 1.000 hari pertamanya.

"Terutama sekali ketika susu ibu itu keluar pada saat melahirkan, yang oleh dunia kedoteran disebut sebagai kolostrum," kata Ma'ruf Amin, Minggu (17/3/2019) kemarin.

HiMedik.com mengutip Very Well Family, kolostrum adalah ASI yang diproduksi pada tahap pertama di pertengahan kehamilan dan selama beberapa hari pertama setelah melahirkan. Kolostrum diprodusi sebelum ASI trasnsisi (tahap kedua ASI) dan ASI matang (tahap akhir ASI).

Kolostrum umumnya berwarna kuning keemasan atau oranye, karena mengandung beta-karoten tingkat tinggi, dan cenderung lebih tebal daripada ASI transisi dan matang.

Namun, kolostrum juga bisa terlihat bening, dan terkadang merah, merah muda, coklat, atau berkarat karena darah dalam saluran susu masuk ke kolostrum.

Ilustrasi menyusui bayi - (Shutterstock)
Ilustrasi menyusui bayi - (Shutterstock)

Meski tersedia dalam jumlah kecil, kolostrum kaya akan nutrisi. Bahkan, kolostrum memiliki istilah 'emas cair' lantaran mengandung semua yang dibutuhkan bayi dalam 1.000 hari pertamanya dan dianggap sebagai makanan super untuk bayi.

Dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan, kolostrum berfungsi melindungi bayi yang baru lahir dan membantunya melawan infeksi dan penyakit.

Selain itu, kolostrum sarat akan antibodi, sel darah putih, dan sifat kekebalan lainnya, seakan menjadi imunisasi pertama anak.

Tingginya kadar sekresi imunoglobulin A (SIgA) yang ditemukan di kolostrum pun melindungi saluran pencernaan bayi dan membantu membunuh virus dan bakteri.

Kolostrum juga merupakan pencahar alami, yang membantu anak memindahkan isi perutnya dan menyingkirkan meconium dari tubuhnya. Meconium adalah kotoran yang terlihat seperti aspal yang terkumpul di usus sebelum bayi lahir.

Karena meconium mengandung bilirubin, efek pencahar kolostrum membantu mencegah penyakit kuning pada bayi baru lahir.

Berita Terkait

Berita Terkini