Info

Heboh Wanita Meninggal karena Makan Cokelat Setelah Mie, Ini Faktanya

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sudah menyatakan bahwa pesan ini adalah hoaks.

Vika Widiastuti

Heboh pesan berantai soal efek makan cokelat seusai makan mie (Instagra/@kemenkes_ri)
Heboh pesan berantai soal efek makan cokelat seusai makan mie (Instagra/@kemenkes_ri)

Himedik.com - Pesan berantai mengenai informasi tentang bahaya makan cokelat setelah makan mie beredar meresahkan. Pesan tersebut menyebut seorang wanita meninggal karena makan cokelat setelah makan mie

Pesan yang beredar dalam bentuk broadcast di aplikasi Whatsapp tersebut mencatut nama Prof Rokhmin Dahuri, pakar dari IPB dan juga Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan.

Berikut bunyi lengkap pesan tersebut:

Prof.Dr.Ir. Rokhmin Dahuri (IPB/Mantan Menteri Perikanan & Kelautan) :

SEKEDAR INFO KHUSUSNYA UTK ANAK KOST/ siapa saja...

Ada seorang Wanita meninggal Mendadak dgn Kelima Panca Indera nya keluar darah. Setelah diselidiki ternyata Wanita ini meninggal, bukan karena 'Bunuh Diri' atau 'Dibunuh', Melainkan karena ketidaktahuan tentang 'Racun akibat Makanan.

Wanita ini memiliki kebiasaan makan Coklat tiap hari, ini tidak masalah. Masalahnya, malam itu wanita ini kebanyakan makan 'MIE GORENG'. Sebenarnya cuma makan mie goreng saja , juga tidak masalah, karena orang rumahnya juga banyak makan mie malam itu & tak ada yg meninggal. Tetapi, karena MIE itu mengandung 'Arsenic Pentoxide' (As2O5) &

Berhubung habis makan MIE wanita itu makan COKLAT. Terjadilah "Reaksi Kimia" di dalam Perut yg membuat 'Arsenic Pentoxide' (As2O5) Berubah menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yg Sangat Beracun.

- Inilah yg Mengakibatkan :
• Hati
• Jantung
• Ginjal
• Pembuluh Darah Rusak
• Usus Berdarah
• Pembuluh Darah Melebar/Dilatasi.

Sehingga wanita itu Meninggal dgn sangat mengenaskan dgn Kelima Panca Indera 'Keluar Darah' saat itu.

Jadi Hati-hati.!!, Jika habis banyak makan.
• MIE Goreng
• MIE Kering
• MIE Rebus (Kuah)
• MIE Soto
• Semua Jenis MIE

- Jangan Makan COKLAT pada saat yg 'BersamaaN' !!!

- Marilah Berbagi, jika 'Kita Tahu' Hal ini 'Penting' utk Semua.

- Sampaikan ke semua Teman dan Keluarga.

- Mari berbagi Kepedulian Kita dengn Sesama..!!

# Info Kesehatan KemenKes. RI.

Penelusuran Suara.com menemukan bahwa pesan berantai ini sudah beredar sejak tahun awal tahun 2016, dan mulai viral di pertengahan tahun 2018.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sudah menyatakan bahwa pesan ini adalah hoaks dan tidak perlu di percaya. Dalam akun Instagram resminya tertanggal 22 Juni 2018, Kemenkes berpesan agar mengecek kebenaran soal pesan sebelum ikut menyebarkannya.

Melalui keterangan resmi dalam laman Pom.go.id, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga menyebut kabar soal bahaya kandungan arsenik pada mie instan adalah hoaks.

Reaksi kimia yang terjadi karena percampuran cokelat dan mie instan di dalam perut juga sudah dinyatakan tidak terbukti, karena BPOM tidak akan memberikan izin edar bagi produk makanan yang mengandung kadar arsenik tinggi dan beracun.

Melalui laman resminya, situs Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta menyebut kabar tersebut hoaks. Hal ini didapat setelah melakukan pengujian laboratorium, di mana tidak ditemukan adanya kandungan arsenik atau racun lainnya, serta produk mie instan yang memiliki izin edar BPOM aman untuk dikonsumsi.

Kesimpulan

Informasi soal makan mie goreng setelah makan cokelat dapat menyebabkan keracunan hingga meninggal dunia adalah hoaks. Jika Anda mendapat pesan seperti ini, stop menyebarkan agar hoaksnya berhenti di Anda. (Suara.com/M. Reza Sulaiman)

Berita Terkait

Berita Terkini