Info

Tergores Saat Bersihkan Udang, Wanita Ini Tewas Setelah Lukanya Bengkak

Luka yang dianggap sepele ternyata menyebabkan infeksi mematikan.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi udang - (Pixabay/Viclinst90)
Ilustrasi udang - (Pixabay/Viclinst90)

Himedik.com - Seorang wanita di China meninggal dunia setelah tergores kulit udang saat membersihkannya. Meskipun berawal dari hal sepele, rupanya luka akibat kulit udang itu berakibat fatal.

Menurut Apple Daily, jari tengah kanan wanita berusia 60 tahun itu tergores ekor udang ketika dia sedang membersihkannya. Karena merasa lukanya tak begitu sakit, wanita asal Guannan, Jiangsu tersebut mengabaikannya.

Namun, keesokan harinya, jari yang terluka tadi bengkak, tetapi ia tetap tidak melakukan apa-apa. Kemudian pada hari kedua, wanita itu menderita demam, dan tubuh bagian bawahnya mulai membengkak juga.

Saat itulah keluarga memutuskan untuk mengirimnya ke rumah sakit.

Di rumah sakit, seperti dikutip HiMedik.com dari World of Buzz pada Juli 2018, wanita itu ternyata didiagnosis sudah menderita syok septik dan organnya gagal berfungsi. Para dokter mencoba menyelamatkan wanita itu, tetapi sayangnya, setelah 10 hari di rumah sakit, wanita itu meninggal.

Ilustrasi udang (Pixabay/jackmac34)
Ilustrasi udang (Pixabay/jackmac34)

Dokter menduga pasien terinfeksi Vibrio vulnificus, bakteri langka tetapi sangat mematikan. Bakteri berbahaya ini ditemukan di lingkungan laut dan dapat dipindahkan melalui memakan kerang mentah atau kurang matang serta kulit yang terluka yang terpapar bakteri.

Wanita itu juga menderita penyakit hati, yang memperburuk infeksinya dan membuatnya lebih rentan terhadap bakteri. Dilaporkan bahwa ketika infeksi memburuk menjadi septikemia, angka kematian meningkat menjadi 50%. Mayoritas orang yang terinfeksi bakteri itu meninggal dalam 48 jam setelahnya.

Berita Terkait

Berita Terkini