Info

Butet Kertaradjasa Kena Serangan Jantung saat Pentas, Ini Gejala Umumnya

Butet Kertaradjasa tetap tampil walaupun baru saja siuman.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Butet Kertaradjasa - (Suara.com/Wahyu)
Butet Kertaradjasa - (Suara.com/Wahyu)

Himedik.com - Seniman senior Butet Kertaradjasa ambruk karena serangan jantung di tengah pentas. Peristiwa itu terjadi saat ia berperan sebagai Semar dalam pentas bertajuk "Kanjeng Sepuh".

Sang penulis, Agus Noor, menceritakan kronologinya di Instagram, Sabtu (23/3/2019) kemarin. Menurut keterangannya, pada menit ke-60, Butet Kertaradjasa pingsan dengan kondisi tubuh yang lemas dan dingin.

''Dokter yang merawatnya kemudian menjelaskan: jantungnya kumat, enzim di jantungnya naik 100x lipat,'' ungkap Agus Noor.

Setelah diatasai paramedis hingga akhirnya sadar kembali dan mulai bisa bicara, Butet Kertaradjasa bersikeras untuk melanjutkan penampilannya dalam adegan penutup.

''Semua sudah diantisipasi: adegan ending, di mana Butet harusnya muncul, diubah. Tapi detik-detik menjelang adegan akhir itu: Butet bersikeras muncul ke panggung. Saya tak yakin. 'Biarlah saya menuntaskan kewajiban saya dengan terhormat malam ini.' Begitu ia berkata,'' tulis Agus Noor.

Masih cemas, Agus Noor sempat berkata, ''Tapi kowe jangan mati di panggung, nanti malah ngrepoti.

Butet Kertaradjasa malah menanggapinya dengan tertawa. ''Maka, saya pun membiarkannya muncul menutup adegan terakhir, saat Semar mengungkap rahasia kebenaran,'' lanjut Agus Noor.

Namun, di luar dugaan, menurut Agus Noor, penampilan Butet Kertaradjasa sama sekali tak memperlihatkan kalau dirinya baru saja siuman. Setelah itu, Butet dibawa ke rumah sakit dan hingga kini masih dirawat di sana.

Berdasarkan keterangan Heart.org, beberapa kasus serangan jantung memang terjadi secara mendadak dan intens. Namun sebenarnya gejala serangan jantung kebanyakan muncul secara perlahan, dengan rasa sakit ringan atau tidak nyaman.

Berikut ini sejumlah gejala umum yang biasanya mengawali serangan jantung:

1. Rasa tak nyaman di dada

Sebagian besar serangan jantung terjadi dengan rasa tak nyaman di bagian tengah dada, yang berlangsung lebih dari beberapa menit, atau mungkin hilang dan kemudian kembali. Gejala ini ini bisa terasa seperti tekanan yang tidak nyaman, meremas, sesak, atau sakit.

Ilustrasi serangan jantung - (Shutterstock)
Ilustrasi serangan jantung - (Shutterstock)

2. Ketidaknyamanan di bagian tubuh atas lainnya

Gejalanya bisa berupa rasa sakit atau tidak nyaman pada salah satu atau kedua lengan, punggung, leher, rahang, atau perut.

3. Sesak napas

Sesak napas ini bisa disertai atau tanpa ketidaknyamanan di dada.

4. Tanda-tanda lainnya

Tanda-tanda lain yang mungkin terjadi termasuk berkeringat dingin, mual, atau pusing.

Segera hubungi nomor telepon darurat jika Anda atau kerabat Anda mengalami tanda-tanda tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini