Info

Ketahuan Makan Ikan di Bali, YouTuber Vegan Ungkap Permintaan Maaf

Namun Yovana Mendoza Ayres tetap mendukung diet vegan.

Galih Priatmojo | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Yovana Mendoza Ayres - (Instagram/@rawvana)
Yovana Mendoza Ayres - (Instagram/@rawvana)

Himedik.com - Yovana Mendoza Ayres, YouTuber yang namanya melambung berkat gaya hidup vegan yang ia lakoni, mengungkapkan permintaan maaf. Video permintaan maaf itu ia bagikan setelah tepergok makan ikan di Bali.

Menurut New York Post, Jumat (22/3/2019), yang dikutip HiMedik.com, wanita yang akrab disapa Rawvana ini telah banyak dikenal orang karena selalu berbagi informasi soal manfaat pola makannya sebagai vegan yang mengonsumsi makanan mentah.

Kanal YouTube Ayres bahkan telah memiliki hampir 2 juta subscribers. Wanita 29 tahun ini juga telah mulai menjual paket makanan di situs pribadinya.

Namun bintang YouTube internasional itu baru saja membuat marah para penggemarnya setelah dinilai mengkhianati gaya hidupnya yang sangat disanjung-sanjung saat berlibur di Bali.

"Bisakah kalian menebak di mana aku berada?" tulis Ayres di Instagram. "Aku akan memberimu petunjuk: ini adalah surga nabati (plant-based, red)."

Tak lama setelah itu, Ayres terlihat dalam video bintang YouTube lain dengan salad di meja makannya. Para penggemar pun langsung peka dan menunjukkan bahwa influencer yang mengaku sebagai vegan itu sedang makan ikan.

Serangan bertubi-tubi itu kemudian membuat Ayres mengunggah video permemintaan maaf karena makanan non-vegan yang ia makan.

"Aku tahu bahwa banyak di antara kalian yang memercayai aku, kalian mendengarkan aku, dan kalian mungkin merasa tertipu dan dibohongi, dan kalian sangat berhak untuk merasakan hal itu," kata Ayres.

Wanita berdarah Meksiko itu lalu mengaku menderita masalah kesehatan, yang mengharuskan ia mengubah dietnya dan mengonsumsi lebih banyak protein. Seorang dokter dilaporkan mendiagnosis Ayres dengan pertumbuhan bakteri yang berlebih dan dalam jumlah yang tak normal di usus kecil.

"Aku tidak berovulasi," katanya dalam video. "Aku mengalami anemia dan kadar tiroidku rendah. Itu benar-benar buruk, tapi itu belum melampaui batas."

Meski begitu, Ayres mengatakan dirinya masih mendukung diet vegan.

"Hatiku bersama komunitas vegan dan aku ingin menegaskan kembali bahwa pola makan nabati bukanlah yang membuatku sakit," kata Ayres dalam sebuah pernyataan kepada The Washington Post.

Berita Terkait

Berita Terkini