Info

Bisa Hilangkan Kutil, Ini 5 Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui

Jangan langsung buang kulitnya ya!

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Pisang. (shutterstock)
Pisang. (shutterstock)

Himedik.com - Pisang menjadi salah satu buah paling bergizi karena mengandung protein, serat, vitamin A, B6, dan C, potasium, mangan, magnesium, folat, riboflavin, niasin dan besi. Tak hanya buahnya, kulit pisang pun bermanfaat.

Dilansir HiMedik dari hhdresearch, ada 5 manfaat kulit pisang yang jarang diketahui orang.

1. Menghilangkan rasa gatal

Kulit pisang bisa bantu menghilangkan rasa gatal akibat gigitan serangga. Obat ini juga bisa mengobati ruam. Kamu hanya perlu menggosoknya di bagian yang terasa gatal atau merah.

2. Pencernaan lancar

Kulit pisang juga bisa dicampur ke dalam smoothie lho. Ini mengandung serat yang bisa memperlancar pencernaanmu. Cukup blender kulit pisang bersama buahnya.

Pisang (pixabay)
Pisang (pixabay)

3. Memutihkan gigi

Kulit pisang dapat memutihkan gigi secara alami karena kandungan potasiumnya. Caranya pun cukup simpel, kamu hanya perlu menggosok bagian dalam kulit ke gigi setiap hari selama sekitar dua minggu, dan lihat hasilnya.

4. Bagus untuk kulit

Untuk meminimalkan tampilan garis dan kerutan, cukup gosok kulit pisang langsung pada area yang terkena dan biarkan lengket selama sekitar 30 menit sebelum mencuci wajah.

Untuk pelembap menyeluruh, tumbuk kulitnya menjadi pasta, aduk satu kuning telur, dan oleskan campuran ini secara merata ke wajah dan/atau leher.

Diamkan selama 5 menit dan kemudian cuci bersih. Perawatan yang sama juga baik untuk psoriasis, eksim, dan jerawat.

5. Hilangkan kutil

Selain bahan kimia, ternyata kulit pisang juga bisa menghilangkan kutil lho. Cukup tekan kulit pisang ke area kutil dan gunakan perban agar tetap lengket. Biarkan semalam dan ulangi prosesnya.

Berita Terkait

Berita Terkini