Info

Diduga 10 Hari Tak Diberi Makan di RS, Pria dengan Down Syndrome Meninggal

Keluarga menaruh kecurigaan pada rumah sakit.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Giuseppe Ulleri - (Facebook/Giovanni Ulleri)
Giuseppe Ulleri - (Facebook/Giovanni Ulleri)

Himedik.com - Seorang pria dengan Down Syndrome meninggal karena diduga tak diberi makan selama di rumah sakit. Kecurigaan itu diungkap oleh keluarga pria bernama Giuseppe "Joe" Ulleri tersebut.

Diberitakan Express, Selasa (26/3/2019), keluarga Joe percaya, selama 10 hari menginap di Manchester Royal Infirmary, ia tak diberi makan sama sekali.

Joe diketahui meninggal di sana karena pneumonia atau radang paru-paru pada Maret 2016, setelah kesulitan menelan makanan melalui tabung.

Penyelidik Angharad Davies mengatakan, kondisi pria berusia 61 tahun itu menunjukkan bahwa dirinya kesulitan berkomunikasi dan tidak bisa mengurus dirinya sendiri.

Giuseppe Ulleri - (Facebook/Giovanni Ulleri)
Giuseppe Ulleri - (Facebook/Giovanni Ulleri)

Menurut keterangan Davies, karena risiko aspirasi paru yang potensial, Joe tidak diberi makan lewat mulut selama beberapa hari dari masa tinggalnya dan menggunakan selang yang mengalir melalui hidung ke perutnya.

Namun, Davies mengatakan, tabung itu hanya bertahan selama sehari, karena Joe kesulitan menggunakannya dan merasa tidak nyaman.

"Joe tidak mendapat dukungan nutrisi dalam waktu yang lama selama tinggal di rumah sakit. Satu-satunya nutrisi yang dia dapat itu dari tabung yang terpasang hanya dalam 24 jam," ujar Davies.

Saudara laki-laki Joe, Peter, mengatakan, dia yakin kondisinya memburuk karena kurang gizi.

Hingga kini, pemeriksaan masih berlanjut dan sidang akan digelar di pengadian setempat.

Berita Terkait

Berita Terkini