Info

Wanita Hamil yang Kerja Sampai Larut Malam Rentan Keguguran

Begini kata penelitian

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi wanita sedang bekerja. (pixabay)
Ilustrasi wanita sedang bekerja. (pixabay)

Himedik.com - Wanita hamil bisa menghadapi banyak risiko terkait kesehatan terutama mereka yang bekerja sampai larut malam.

Melansir dari worldofbuzz, dalam sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Occupational & Environmental Medicine, data dari 22.744 wanita hamil yang dipekerjakan di Denmark dipelajari.

Data ini untuk menentukan apakah kerja shift malam memengaruhi risiko menderita keguguran.

Para peneliti membandingkan data wanita hamil yang bekerja di layanan publik seperti rumah sakit dan menghubungkan mereka dengan data kelahiran serta angka keguguran.

Hasilnya ditemukan bahwa ada risiko keguguran pada wanita hamil yang bekerja shift malam.

Ilustrasi pekerja kantoran (Pixabay/hamonazaryan1)
Ilustrasi pekerja kantoran. (Pixabay/hamonazaryan1)

Satu hasil signifikan yang ditemukan studi ini adalah bahwa setelah minggu ke delapan kehamilan, wanita yang bekerja pada shift malam berturut-turut memiliki risiko keguguran yang meningkat 32% dibandingkan dengan mereka yang tidak bekerja pada shift malam.

Para peneliti juga menekankan bahwa karena ini adalah penelitian observasional, mereka tidak dapat menentukan penyebabnya.

Sementara itu, penelitian ini juga menunjukkan peraturan kesehatan kerja nasional harus diubah untuk lebih melindungi kesejahteraan wanita hamil di tempat kerja.

Berita Terkait

Berita Terkini