Info

Reino Barack Selalu Minum Kopi Pagi Hari, Ternyata Turunkan Risiko Kematian

Minum kopi di pagi hari bisa menurunkan risiko kematian? kok bisa?

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Minum kopi di pagi hari seperti Reino Barack ternyata memberikan 5 manfaat mengejutkan, salah satunya turunkan risiko kematian (Pixabay/cocoparisienne)
Minum kopi di pagi hari seperti Reino Barack ternyata memberikan 5 manfaat mengejutkan, salah satunya turunkan risiko kematian (Pixabay/cocoparisienne)

Himedik.com - Syahrini kembali bercerita kebiasaan barunya setiap pagi setelah resmi menikah dengan Reino Barack. Salah satunya, Syahrini harus rela bangun pagi setiap harinya demi membuatkan Reino Barack secangkir kopi.

Hal tersebut diungkap Syahrini ketika tampil di panggung acara Shopee 31.3 Elektronik & Digital Sale yang disiarkan langsung oleh SCTV dan Indosiar.

Ternyata secangkir kopi yang dipersiapkan Syahrini untuk Reino Barack setiap pagi memiliki banyak manfaat, salah satunya menurunkan risiko kematian.

Syahrini bercerita selalu bangun pagi untuk menyiapkan secangkir kopi demi Reino Barack (Instagram/@nyinyir_update)
Syahrini bercerita selalu bangun pagi untuk menyiapkan secangkir kopi demi Reino Barack (Instagram/@nyinyir_update)

"Ada yang beda nggak sih kehidupan sebelum menikah sama sesudah menikah?" tanya Andhika Pratama kepada Syahrini dikutip dari Matamata.com.

"Sama seperti pengantin-pengantin pada umumnya, kalau baru nikah pasti harus bangun pagi siapin kopi," jawab Syahrini.

Syahrini mengatakan suaminya, Reino Barack lebih suka minum secangkir kopi daripada sarapan di pagi hari.

"Dia nggak sarapan tapi senangnya kopi. Jadi saya harus bangun lebih dulu gitu," katanya.

Sejauh ini orang mengira meminum secangkir kopi di pagi hari sebelum makan bisa memberikan banyak dampak buruk, terutama bagi pencernaan.

Nyatanya, minum kopi di pagi hari justru memberikan banyak manfaat yang bisa membantu seseorang menjalankan aktivitasnya lebih bersemangat.

Berikut ini 5 alasan minum secangkir kopi di pagi hari tidak selalu buruk dilansir HiMedik dari vix.com:

1. Meningkatkan energi

Menurut Otoritas Nutrisi, banyak penelitian kepada manusia yang menunjukkan bahwa kopi justru meningkatkan aspek fungsi otak di pagi hari. Termasuk ingatan, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi dan fungsi kognitif umum.

Kafein dalam kopi membantu seseorang menghilangkan rasa grogi saat hendak menjalankan aktivitas pagi harinya dan tidak akan merasa lelah.

2. Menurunkan berat badan

Kafein selalu ditemukan dalam setiap suplemen pembakaran lemak. Karena itu, minum kopi di pagi hari juga dipercaya mampu membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Menurut penelitian Otoritas Nutrisi menunjukkan, kafein secara spesifik meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang obesitas dan 29% pada orang kurus.

3. Menurunkan risiko kematian

Studi Kelembagaan Kesehatan Nasional - Diet dan Kesehatan AARP terhadap 400 ribu orang menemukan bahwa partisipan pria yang minum secangkir kopi setiap pagi menurunkan risiko kematian cepat sebesar 6%.

Minum 2-3 cangkir kopi setiap pagi tentu lebih mengurangi risiko kematian sebesar 10% selama jangka waktu penelitian.

4. Lebih bahagia

Minum secangkir kopi setiap pagi juga menurunkan risiko depresi pada seseorang.

Penelitian pertama di Harvard tahun 2011, menemukan bahwa wanita yang minum 4 cangkir kopi setiap pagi memiliki risiko 20% lebih rendah mengalami depresi.

Studi selanjutnya dilakukan oleh 200 ribuan orang dan menemukan mereka yang minum 4 cangkir kopi setiap hari memiliki 53% lebih kecil kemungkinan bunuh diri.

5. Mengurangi rasa sakit

Sebuah studi di Norwegia mengamati sebanyak 48 orang yang melakukan pekerjaan kantor dan rutin minum kopi setiap pagi menyatakan tingkat intensitas rasa sakitnya 41, lebih kecil dibandingkan orang yang tidak minum kopi dengan tingkat rasa sakit 55.

Menurut World of Caffeine, kafein dalam kopi mampu meningkatkan efektivitas mekanisme penghilang rasa sakit secara alami pada tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini