Info

Taruh Bawang Putih di Telinga Selama 30 Menit, Manfaatnya Luar Biasa!

Bawang putih bisa mengatasi segala macam masalah pendengaran jika meletakkannya di telinga selama 30 menit.

Galih Priatmojo | Shevinna Putti Anggraeni

Manfaat meletakkan bawang putih di telinga selama 30 menit (Pixabay/manfredrichter)
Manfaat meletakkan bawang putih di telinga selama 30 menit (Pixabay/manfredrichter)

Himedik.com - Cara mengolah atau menggunakan bawang putih sebagai ramuan obat alami untuk mengatasi berbagai jenis penyakit sangat beraneka ragam. Salah satunya dengan meletakkan bawang putih di telinga guna mengatasi berbagai masalah pendengaran.

Banyak orang mempercayai meletakkan bawang putih di telinga bisa mengobati masalah infeksi dan sakit pendengaran. Meskipun belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bawang putih mampu menyembuhkan infeksi telinga.

Melansir dari healthline, bawang putih termasuk bumbu dapur yang kaya manfaat bagi tubuh, seperti antivirus, antibakteri dan antijamur. Bawang putih juga dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi jika dikonsumsi secara rutin.

Begitu pula dengan mengoleskan bawang putih secara topikal membantu meringankan sakit kepala dan sakit telinga seseorang. Fakta tersebut telah dibuktikan oleh 103 anak-anak yang menderita sakit telinga akibat infeksi.

Hasil penelitian menemukan bahwa satu tetes obat telinga mengandung allium sativum yang terdapat dalam bawang putih. Studi selanjutnya pun membuktikan bahwa menggunakan bawang putih justru membantu pengobatan infeksi telinga lebih efektif.

Ilustrasi sakit telinga - (Shutterstock)
Ilustrasi sakit telinga - (Shutterstock)

Karena itu, jika seseorang mengalami sakit telinga atau sakit kepala yang mengganggu aktivitas bisa mengambil satu siung bawang putih untuk meredakan rasa sakit secara alami.

Melansir dari humanhealth.com, caranya dengan mengambil satu siung bawang putih yang sudah dikupas bersih lalu letakkan di lubang telinga seperti mengenakan headset setidaknya sekitar 30-35 menit atau sesuai selera masing-masing.

Setelah sekitar 30 menit berlalu, seseorang akan merasakan sensasi panas yang menyebar melalui telinga dan setelahnya iritasi pun mulai mereda.

Bawang putih efektif untuk mengobati infeksi telinga karena memiliki sifat anti-bakteri dan anti-virus yang baik serta alami.Bawang putih juga bekerja secara alami hingga ke akar masalah untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab infeksi telinga.

Sifat antiseptik alami dalam bawang putih juga membantu mengurangi risiko infeksi lebih lanjut. Selain itu kandungan anti-inflamasi dalam bawang putih juga bekerja secara ajaib mengurangi pembengkakan dan denyutan yang muncul karena sakit telinga. Karena itulah meletakkan potongan kecil bawang putih di telinga bisa memberikan perbedaan besar.

Jika seseorang rutin mengonsumsi bawang putih setiap harinya tentu akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Seseorang juga bisa menggunakan ramuan bawang putih ini jika terserang flu atau masuk angin.

Baik dengan cara memakannya atau meletakkannya di telinga. Karena dua cara menggunakan bawang putih sebagai obat alami itu sama-sama sangat efektif mengatasi berbagai jenis penyakit sesuai kebutuhan.

Berita Terkait

Berita Terkini