Info

Simak Alasan Penting Harus Bersihkan Organ Intim Setelah Bercinta

Berbagai masalah bisa terjadi, jika Anda tidak mencuci bagian sensitif Anda setelah bercinta

Vika Widiastuti

Penelitian mengungkap mandi malam memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan penampilan (Pixabay/Pexels)
Penelitian mengungkap mandi malam memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan penampilan (Pixabay/Pexels)

Himedik.com - Tak sedikit orang yang mengabaikan kebersihan organ intim setelah bercinta. Namun, tahukah Anda kebiasaan tidak membersihkan Mr P atau Miss V setelah berhubungan seks bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan kelamin?

Menurut sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Immunity, bakteri spesifik yang ada di vagina Anda dapat memainkan peran dalam penularan HIV.

Dikutip Suara.com dari The Health Site, penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang Miss V-nya terinfeksi oleh spesies bakteri proinflamasi, empat kali lebih berisiko terkena HIV dibandingkan dengan mereka yang memiliki bakteri sehat di vagina.

Namun, terlepas dari HIV, ada berbagai masalah lain yang bisa terjadi, jika Anda tidak mencuci bagian sensitif Anda setelah bercinta. Inilah alasan penting mengapa Anda harus mencuci organ intim Anda setelah berhubungan seks.

1. Menghindari penumpukan smegma

Smegma adalah penumpukan sel kulit mati, minyak dan berbagai cairan di ujung Mr P Anda atau di lipatan Miss V Anda. Meskipun smegma tidak berbahaya, pembentukan yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi dan infeksi.

Cuci alat kelamin Anda secara teratur untuk menghindari pembentukannya. Namun, jika mencuci secara teratur tidak membantu kondisi Anda, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda.

2. Mencegah infeksi

Setelah berhubungan seks, sejumlah semen akan terperangkap di bawah kulit khatan Anda yang dapat menyebabkan infeksi. Jadi mencuci alat kelamin Anda setelah bercinta itu penting untuk mengusir kuman.

Kebiasaan kebersihan pasca-koital yang buruk dapat menyebabkan infeksi jamur pada lelaki dan perempuan. Infeksi dapat menyebabkan bau tidak sedap disertai dengan rasa tidak nyaman seperti gatal dan sakit.

Komunikasi penting dalam bercinta. (Pixabay/sasint / 226 images)
Komunikasi penting dalam bercinta. (Pixabay/sasint / 226 images)

3. Menghilangkan bau

Setelah bercinta dengan pasangan, keringat pada Mr P atau Miss V Anda bisa membuat baunya sangat buruk. Jadi, Anda perlu mencuci dengan baik. Anda dapat mencoba dan menambahkan yogurt dalam diet, karena probiotik dalam yogurt akan menjaga keseimbangan pH Anda.

Juga, minum jus cranberry dapat membantu Anda mengurangi bau di bagian sensitif Anda karena sifat antioksidannya akan menghambat pertumbuhan bakteri. Namun, jika baunya tetap ada, itu bisa menjadi tanda infeksi yang tersembunyi dan Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda.

4. Mencegah kandidiasis Miss V

Infeksi jamur ini terjadi ketika tingkat pH Miss V Anda meningkat (membuatnya kurang asam). Keseimbangan pH meningkat setelah berhubungan seks karena penumpukan bakteri. Jadi bersihkan bakteri setelah beraksi. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Berita Terkait

Berita Terkini