Info

Catat! Ini 4 Persiapan Sebelum Pergi Berobat ke Singapura

Tertarik berobat ke Singapura? Ini dia 4 persiapan yang harus dilakukan sebelum berangkat.

Vika Widiastuti

Ilustrasi pengobatan. (Pixabay/Bru-nO)
Ilustrasi pengobatan. (Pixabay/Bru-nO)

Himedik.com - Singapura merupakan salah satu negara yang kerap menjadi rujukan pengobatan.  Hal tersebut karena kualitas pelayanan kesehatan dan peralatan yang ditawarkan. 

Dikutip Suara.com dari rilis Go.Care, saat ini Singapura menjadi negara paling maju untuk industri pariwisata medis. Tak heran bila Singapura masuk ke dalam jajaran 10 negara tujuan wisata medis terbaik di dunia.

Tertarik berobat ke Singapura? Ini dia 4 persiapan sebelum berobat ke Singapura seperti dikutip dari Singapore Medical Indonesia.

1. Persiapkan surat rujukan
Sebelum berangkat berobat ke Singapura, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah surat rujukan dari dokter yang merawat Anda saat di Indonesia. Hal tersebut bertujuan agar ketika berobat di Singapura, proses pengobatan Anda bisa berjalan lebih cepat dan mudah.

Bebeberapa hal yang perlu dicantumkan dalam surat rujukan yang diberikan oleh dokter, di antaranya keterangan kondisi kesehatan terbaru, riwayat penyakit, obat-obatan yang biasa digunakan, serta catatan kesehatan lain yang dapat memberikan informasi lebih mendalam. Jangan lupa pula membawa dokumen kesehatan lainnya, seperti hasil rontgen, USG, MRI, tes darah, dan lainnya.

Ilustrasi tirai privasi rumah sakit. (pixabay/vitalworks)
Ilustrasi tirai privasi rumah sakit. (pixabay/vitalworks)

 

2. Memilih rumah sakit dan dokter
Memilih rumah sakit dan dokter merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Bagi Anda yang belum memiliki dokter tujuan atau dokter rekomendasi dari dokter yang merawat Anda sebelumnya di Indonesia, pilihlah rumah sakit yang memiliki dokter spesialis dari penyakit yang dikeluhkan.

Namun, bila Anda sudah mendapatkan surat rekomendasi dari dokter Indonesia, ini akan menjadi lebih mudah. Anda cukup mencari rumah sakit melalui dokter tersebut.

3. Mempersiapkan dokumen dan tiket perjalanan
Setelah mendaftarkan diri dan mendapatkan jadwal konsultasi awal yang pasti dari rumah sakit yang dituju, mulailah Anda mempersiapkan dokumen yang menjadi prioritas untuk dibawa saat berobat. Semua dokumen tersebut meliputi dokumen identitas pribadi serta dokumen kesehatan. Bawa salinannya, simpan di dalam tas yang mudah dijangkau.

<p><a href="https://pixabay.com/users/skitterphoto-324082/">Ilustrasi di bandara (Pixabay/Skitterphoto)</a></p>

Ilustrasi di bandara (Pixabay/Skitterphoto)

 

4. Mencari tempat penginapan
Hal lain yang perlu dipertimbangkan oleh calon pasien yang berobat ke luar negeri adalah tempat menginap. Jika selama berobat di Singapura Anda didampingi oleh anggota keluarga, maka sudah seharusnya Anda mempersiapkan penginapan untuk mereka. (Suara.com/Vessy Dwirika Frizona)

Berita Terkait

Berita Terkini