Info

Dianggap Sampah, Ternyata Jaring Buah Punya 6 Manfaat yang Terabaikan

Jaring buah sebagai pembungkus buah yang sering dibuang ternyata memiliki banyak fungsi dan manfaat selain membungkus buah-buahan.

Dinar Surya Oktarini | Shevinna Putti Anggraeni

Manfaat jaring buah yang sering terabaikan, sebagai alat membersihkan dapur hingga anti-slip kursi dan meja (Pexels/Asad Nazir)
Manfaat jaring buah yang sering terabaikan, sebagai alat membersihkan dapur hingga anti-slip kursi dan meja (Pexels/Asad Nazir)

Himedik.com - Setiap kali kita membeli buah-buahan di supermarket pasti ada yang dibungkus dengan jaring busa berwarna putih. Biasanya orang langsung membuang jaring tersebut tanpa mengetahui banyak manfaat dan keguaannya, selain menjadi pembungkus buah.

Secara kasat mata, kita melihatnya memang hanya sebuah pembungkus buah-buahan biasa. Padahal kita bisa menggunakannya untuk membantu dan mempermudah berbagai pekerjaan rumah tangga.

Melansir dari 7gehou.com dan everydayhealth.com, berikut ini kegunaan lain jaring buah sebagai pembersih dapur hingga mengawetkan sabun batangan.

1. Mencuci piring

Selain menjadi pembungkus buah, jaring buah bisa kita manfaatkan untuk mencuci piring dan peralatan dapur. Daripada membeli spons baru, kita bisa memanfaatkan jaring buah ini daripada membuangnya lalu membuat sampah menumpuk.

2. Membersihkan dapur

Jaring buah juga bisa digunakan untuk membersihkan wastafel atau dapur demngan hasil yang maksimal. Kita bisa menggunakannya ketika tidak punya kain khusus pembersih wastafel dan peralatan dapur daripada menggunakan spons cuci piring.

Karena langkah tersebut hanya akan menyebarkan bakteri dan kuman ke peralatan dapur dan sekitarnya.

Ilustrasi pasutri di dapur - (Pixabay/089photoshootings)
Ilustrasi pasutri di dapur - (Pixabay/089photoshootings)

3. Mengawetkan sabun mandi batangan

Sabun batangan biasanya akan cepat habis dan lembek ketika tergenang air terlalu lama. Agar tak cepat habis dan boros, kita bisa meletakkan jaring buah ini di tempat sabun untuk memisahkannya dengan air.

Cara ini efektif untuk membuat sabun mandi batangan lebih awet dan tidak lembek karena tergenang air terus menerus.

4. Penyerap panas

Jaring buah ini juga berguna untuk menyerap panas. Kita bisa menggunakannya untuk memegang gelas atau piring berisi air panas dengan cara membungkusnya pakai jaring buah ini.

Selain itu, kita juga bisa menggunakannya sebagai alas peralatan masak yang masih panas seperti panci, teflon dan lainnya agar tak membuat rusak meja atau kain di atas meja.

5. Anti-slip

Kita juga bisa menggunakan jaring buah ini sebagai anti-slip, contohnya meletakkan jaring buah ini di bawah bantalan kursi yang licin dan suka bergeser sendiri.

Selain itu, kita juga bisa memanfaatkannya sebagai alas kaki-kaki kursi, meja atau lemari agar mudah digeser dan tidak membuat rusak lantai.

6. Pembungkus telur

Setelah tidak terpakai untuk membungkus buah, jaring ini juga bisa digunakan untuk membungkus dan menyimpan telur agar tidak mudah pecah ketika terbentur.

Berita Terkait

Berita Terkini