Info

3 Makanan Kaya Kalium yang Bantu Menurukan Tekanan Darah Tinggi

Cek di sini.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi cek tekanan darah. (pixabay/rawpixel)
Ilustrasi cek tekanan darah. (pixabay/rawpixel)

Himedik.com - Tekanan darah yang sehat bukan hanya tentang natrium. Dalam sebuah penelitian di China, orang yang sering makan buah segar memiliki tekanan darah sistolik yang lebih rendah daripada mereka yang jarang melakukannya.

Melansir dari menshealth, kalium mungkin kunci dari masalah ini. Mineral ini membantu melemaskan dinding pembuluh darah yang membantu menurunkan tekanan darah, menurut USC's Alicia McDonough, Ph.D.

Menurut American Heart Association, orang dewasa dengan tekanan darah lebih tinggi dari 120/80 harus mempertimbangkan untuk meningkatkan asupan potasium mereka.

Di sisi lain, ini juga bisa berdampak bagi mereka yang memiliki masalah dengan organ tubuh lain, seperti ginjal, sehingga sangat disarankan agar berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi makanan di bawah ini.

Berikut 3 makanan kaya kalium yang cocok bagi mereka yang memiliki masalah tekanan darah tinggi.

1. Tomat kering

Tomat kering yang disarankan bagi mereka yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi adalah 1851 mg per cangkir.

2. Kismis

Kismis menjadi makanan alternatif lain untuk membantu mereka yang mengalami masalah dengan tekanan darah tinggi. Disarankan mengonsumsi 1361 mg per cangkir.

Ilustrasi tomat (pIxabay/Couleur)
Ilustrasi tomat (pIxabay/Couleur)

 

3. Ubi jalar

Ubi jalar yang dipanggang juga baik untuk menekan tekanan darah tinggi. Rekomendasi yang cocok bagi mereka yang memiliki masalah tekanan darah adalah 885 mg.

Kamu yang memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya menghindari makanan yang menggunakan garam dapur, misalnya roti, kue, keripik.

Selain itu, hindari sosis, telur asin, daging asap dan udang kering.

Berita Terkait

Berita Terkini