Info

Benarkah Anak Sulung Lebih Pintar dari Saudaranya?

Anak kedua dan bungsu siap batin sebelum membaca ya.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi anak-anak baca buku (Pixabay/ 2081671)
Ilustrasi anak-anak baca buku (Pixabay/ 2081671)

Himedik.com - Jika kamu adalah anak tengah atau anak bungsu, bacaan ini bisa jadi hal yang berat untuk dibaca. Penelitian telah menemukan bahwa anak sulung cenderung lebih cerdas daripada saudara kandung mereka.

Sebuah studi oleh para ekonom di University of Edinburgh, Analysis Group dan University of Sydney telah menunjukkan bahwa anak-anak sulung memiliki keterampilan berpikir yang lebih baik serta nilai tes IQ yang lebih tinggi daripada saudara mereka yang lebih muda sejak usia satu tahun.

Temuan menunjukkan bahwa ini bisa menjadi anak tertua yang menerima stimulasi mental lebih banyak, dilansir dari prevention.

Meskipun orang tua memberikan tingkat dukungan emosional yang sama kepada anak-anak mereka, anak sulung diberi perhatian penuh dengan tugas-tugas yang meningkatkan keterampilan berpikir.

Studi ini menggunakan data yang dikumpulkan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS yang memeriksa hampir 5.000 anak-anak dari pra-kelahiran hingga usia 14 tahun.

Ilustrasi ( Shutterstock)
Ilustrasi ( Shutterstock)

 

Mereka mempertimbangkan faktor-faktor seperti latar belakang keluarga dan kondisi ekonomi. Anak sulung mendapat nilai lebih tinggi pada tes termasuk membaca dan kosakata gambar, yang menurut para peneliti ini dapat mencerminkan 'efek urutan kelahiran'.

Ini bisa berarti anak-anak yang lahir lebih awal dalam keluarga melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih baik dan mendapatkan upah yang lebih tinggi di masa depan.

"Hasil kami menunjukkan bahwa pergeseran luas dalam perilaku orang tua adalah penjelasan yang masuk akal untuk perbedaan urutan kelahiran yang diamati dalam hasil pendidikan dan pasar tenaga kerja," ungkap Dr Ana Nuevo-Chiquero, dari sekolah ekonomi Universitas Edinburgh.

Di sisi lain, ada kerugian ketika menjadi yang tertua. Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa anak-anak sulung hampir dua kali lebih mungkin menghadapi tekanan untuk berhasil di sekolah dibandingkan dengan adik mereka.

Berita Terkait

Berita Terkini