Info

Cinta Penelope Divonis Kanker Stadium 3, Ini Makanan yang Harus Dihindari!

Ada 5 jenis makanan yang harus dihindari penderita kanker seperti Cinta Penelope.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Cinta Penelope. (Sumarni/Suara.com)
Cinta Penelope. (Sumarni/Suara.com)

Himedik.com - Pedangdut Cinta Penelope yang baru saja berulang tahun ke-35 harus menelan kabar pahit mengenai kondisi kesehatannya. Pasalnya, Cinta Penelope baru saja memberi tahu bahwa dirinya divonis mengidap kanker stadium 3.

Cinta Penelope menyampaikan penyakit seriusnya tersebut saat menggelar acara ulang tahunnya di Jakarta, Selasa (16/4/2019). Sayangnya, Cinta Penelope tidak menyebutkan jenis kanker yang dideritanya karena beberapa alasan khusus.

Ia mengaku ingin diingat orang karena perjalanan hijrahnya, bukan penyakit kanker yang dideritanya sekarang. Karena itu, ia ingin merahasiakan dan menghadapi sendiri penyakit kankernya.

''Saya ingin ada yang diingat oleh orang dan bisa berdakwah dengan hijrah saya. Kalau umur saya sampai, Insya Allah bisa lewat dan melawan sakit kanker saya,'' kata Cinta Penelope dikutip dari Suara.com, Selasa (16/4/2019).

Cinta Penelope pun meminta agar publik dan rekan-rekan di sekitarnya tidak perlu bersedih mendengar kabarnya yang menderita kanker stadium 3. Sebab, ia sendiri sebagai penderita kanker menghadapinya lebih santai dan menganggap penyakitnya sebagai penghapus dosa.

''Nggak usah sedih, saya santai aja. Sakit itu peluntur dosa, jadi pada saat aku punya kanker stadium 3, alhamdulillah aku kuat berjalan. Ini rezeki dari hijrah saya yang diberikan oleh Allah,'' katanya.

Makanan yang harus dihindari penderita kanker (Pexels/ Miguel Á. Padriñán)
Makanan yang harus dihindari penderita kanker (Pexels/ Miguel Á. Padriñán)

Ia menegaskan bahwa dirinya tidak tinggal diam, ia tetap berusaha berdoa dan melawan kankernya dengan menjalani sejumlah pengobatan hingga ke luar negeri.

Perlu diketahui, penderita kanker seperti Cinta Penelope tak cukup jika hanya mengandalkan pengobatan medis untuk melawan kankernya. Seorang penderita kanker juga perlu memperhatikan dan mengubah gaya hidupnya, terutama dari segi pola makannya sehari-hari.

Para ahli di Farmasi Rawat Jalan, National Cancer Centre Singapore (NCCS), dilansir dari healthxchange.sg, mengatakan makanan yang dikonsumsi seorang penderita kanker sebelum, selama, dan setelah perawatan sangat memengaruhi kondisi kesehatannya.

Mereka menyarankan para penderita kanker untuk mengonsumsi makanan yang tepat agar tak berdampak buruk pada kankernya. Adapun makanan yang harus dihindari oleh penderita kanker, yakni:

  1. Daging yang digoreng, dipanggang, dibakar. Hal itu karena makanan mengandung protein hewani dengan panas tinggi menciptakan produk sampingan karsinogenik yang disebut heterosiklik amina
  2. Kurangi konsumsi garam, gula, dan makanan berminyak.
  3. Daging merah dan daging olahan, seperti bacon, ham, sosis.
  4. Makanan yang diawetkan seperti acar, selai, kiam chye (asin mustard green), dan telur seabad. Hal itu karena terdapat kandungan nitrit yang bersifat karsinogenik.
  5. Hindari alkohol

Selain itu, pasien kanker juga harus menghindari asupan suplemen vitamin yang berlebihan. Vitamin suplemen itu bertindak sebagai antioksidan yang justru bisa mengganggu kemoterapi ketika dikonsumsi dalam dosis besar.

Berita Terkait

Berita Terkini