Info

Seberapa Sering Kamu Harus Membersihkan Matras Yoga? Ini kata Pakar

keringat dan minyak dari tubuh bisa masuk ke matras selama kamu latihan.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

ilustrasi yoga - (Unsplash/bruce mars)
ilustrasi yoga - (Unsplash/bruce mars)

Himedik.com - Seberapa sering kamu membersihkan matras setelah selesai yoga? Seminggu sekali? Atau mungkin tidak pernah?

Kebersihan matras yoga memang harus dijaga. Pasalnya keringat dan minyak dari tubuh bisa masuk ke matras selama kamu latihan.

"Kemungkinan mikroorganisme akan berkembang dan bertambah banyak setiap hari ketika kamu tidak membersihkan matras yoga," tutur Pratik Banerjee, Ph.D., seorang profesor di divisi epidemiologi, biostatistik, dan kesehatan lingkungan di Universitas Memphis.

Melansir dari self, para pakar merekomendasikan untuk membersihkan matras yoga setelah digunakan. Namun hal ini tergantung dari bahan matras, merek, dan seberapa berat latihan yang kamu lakukan.

Misalnya, mereka menyarankan untuk membersihkan matras dengan sedikit air sabun yang hangat setelah setiap sesi latihan atau menggunakan pembersih matras yang sudah banyak dijual.

"Pertimbangkan juga membersihkan matras sebelum digunakan," ungkap Elitza Theel, Ph.D., seorang ahli mikrobiologi di laboratorium kedokteran dan departemen patologi di Mayo Clinic.

Iustrasi yoga (Pixabay/Free-Photos)
Iustrasi yoga (Pixabay/Free-Photos)

 

Namun jika kamu ingin langsung keluar kelas tanpa menyeka matras, kamu bisa mempertimbangkan membeli matras yang berlabel antibakteri atau antimikroba, artinya ini dirancang untuk membunuh varietas yang lebih luas.

Karena mikroba seperti bakteri dan jamur tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembab, maka pastikan matras kering sebelum kamu menggulungnya, kata Dr. Theel. Ini dapat membantu mencegah jamur dan memperpanjang usia matrasmu.

Jika kamu tidak punya cukup waktu agar matras benar-benar kering sebelum dibawa pulang, kamu bisa menggulungnya lalu membuka gulungannya agar mengering sesegera mungkin.

Kamu juga harus menyimpan matras yoga di lingkungan yang kering dan relatif bersih, kata Dr. Banerjee.

Berita Terkait

Berita Terkini