Info

Bikin Gatal dan Tak Nyaman, Cegah Kutu Busuk dengan 4 Tips Ini

Kutu busuk bisa berasal dari kantor, hotel, bahkan taksi.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi gatal - (Shutterstock)
Ilustrasi gatal - (Shutterstock)

Himedik.com - Kutu busuk merupakan serangga pengganggu yang kerap bersembunyi di sudut-sudut tempat tidur. Hewan penghisap darah ini sangat mengganggu apalagi ketika sedang tidur.

Biasanya kutu busuk akan terlihat saat kita mengganti kain seprei, kata Jody Green, PhD, ahli entomologi di Universitas Nebraska-Lincoln, dikutip dari Readers's Digest.

Kotoran kutu busuk yang terlihat seperti tinta bercak, telur atau kulitnya yang tampak bisa menjadi tanda tempat tidurmu terdapat kutu busuk.

Berikut 4 cara cegah kutu busuk yang berhasil dirangkum HiMedik.

1. Cegah kutu busuk ada di rumahmu

Kutu busuk sebenarnya tidak muncul begitu saja di tempat tidurmu. Mereka bisa berasal dari luar, misalnya hotel tempat kamu menginap, pesawat, kereta api bahkan taksi.

Mereka akan naik ke tas atau kopermu. Ketika kamu tiba di rumah, ada baiknya periksa dan bersihkan dahulu barang bawaanmu.

2. Cuci pakaian dengan air panas

Kutu busuk betina bisa bertelur jika ia terus mendapatkan makanan. Untuk mencegah hal ini, segera cuci pakaian yang kamu bawa dengan air panas.

Kemudian keringkan untuk memastikan kutu busuk mati. Periksa barang yang tidak bisa dicuci, seperti kotak kacamata, buku, peralatan mandi. Lakukan hal yang sama dengan ransel dan dompet.

Ilustrasi kutu busuk. (pixabay/OpenClipart-Vectors)
Ilustrasi kutu busuk. (pixabay/OpenClipart-Vectors)

 

3. Bisa datang dari kantor

Kutu busuk bisa datang dari tempat kamu bekerja. Jaket, dompet atau kotak makan siang bisa menjadi cara kutu busuk untuk masuk ke rumah.

Pastikan dompet, tas atau barang-barang kecil lainnya berada di tempat yang kering agar menghindari sasaran kutu busuk.

4. Bersihkan sofa

Sofa atau kursi malas di rumah juga bisa menjadi sarang kutu busuk. Pastikan kamu rajin membersihkan, misalnya dengan kemoceng atau membasuh dengan air panas. Alternatif lainnya kamu bisa membeli produk pembersih kutu busuk di supermarket.

Berita Terkait

Berita Terkini