Info

Bahaya Mikroplastik, Ini 5 Tips Gunakan Wadah Plastik dari BPOM

Simak tips aman menggunakan kantong plastik menurut Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Vika Widiastuti

Ilustrasi belanja pakai kantong plastik. (Pixabay/cocoparisienne)
Ilustrasi belanja pakai kantong plastik. (Pixabay/cocoparisienne)

Himedik.com - Masalah plastik masih menjadi PR untuk dipecahkan bersama. Meski komponennya telah terurai menjadi partikel yang lebih kecil seperti mikroplastik, tetap disebut tak terurai oleh bakteri.

Mikroplastik adalah komponen plastik yang berukuran kurang dari lima milimeter yang kini menjadi isu baru di bidang lingkungan dan kesehatan.

Dijelaskan, Kepala Balai Teknologi Polimer BPPT, Ir. F. M Erny S. Soekotjo M.Sc, belakangan marak dipromosikan alternatif plastik yang biodegradable atau plastik yang lebih mudah diurai menjadi komponen yang lebih kecil.

Namun, apakah ini menjadi solusi?

“Produk apapun selama masih mengandung polimer, ia tetaplah plastik. Misalnya tas plastik yang terbuat dari bahan alami yang mudah terurai. Memang ia mudah hancur, tetapi komponen plastiknya sekecil apapun tetap ada, bahkan pecah menjadi partikel yang lebih kecil dan menimbulkan bahaya baru bernama mikroplastik,” jelas Erny dalam rilis resmi yang diterima Suara.com.

Ilustrasi kantong plastik. (Pixabay/Hans)
Ilustrasi kantong plastik. (Pixabay/Hans)

 

Ada banyak jenis plastik, tetapi menurut data GESAMP 2015, lima jenis ini mendominasi produksi global.

JIka plastik masih tak bisa lepas Anda gunakan sebagai wadah belanjaan, makanan dan sebagainya, inilah tips aman menggunakan kantong plastik menurut Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Apa saja itu? Klik Next untuk selengkapnya.

 

Berita Terkait

Berita Terkini