Info

Jelang Bulan Puasa, Ikuti Aturan Makan dan Minum Ini Agar Tak Mudah Haus!

Aturan makan dan minum selama bulan puasa agar tidak mudah merasa haus di siang hari.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi perempuan hanya minum air putih selama sebulan (Pexels/Daria Shevtsova)
Ilustrasi perempuan hanya minum air putih selama sebulan (Pexels/Daria Shevtsova)

Himedik.com - Bulan Ramadan 2019 akan tiba, seluruh umat Islam di seluruh dunia akan menunaikan ibadah puasa. Salah satu ujian umat Islam selama bulan puasa adalah harus menahan lapar dan haus selama sekitar 13 jam.

Semua umat Islam harus bisa menahan meminum segelas air atau lebih meski siang hari begitu terik dan membuat haus. Umat Islam harus menahan diri dari semua godaan itu dari batas waktu imsak hingga menjelang magrib.

Tak bisa dipungkiri, semua orang pasti akan merasakan haus ketika puasa, apalagi di siang hari yang panas. Karena itu umat Islam harus pandai memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi selama bulan Ramadan agar tidak mudah merasakan haus di tengah hari.

Melansir dari nestle-family.com, seseorang mungkin saja bertahan tanpa makan selama berhari-hari, tapi tidak bisa jika hidup tanpa air. Karena air adalah bagian penting untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh manusia.

Sayangnya, kebanyakan orang justru lebih fokus memenuhi kebutan air minumnya ketika berbuka puasa. Padahal ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar asupan yang dikonsumsi tidak membuat mudah haus selama puasa.

Ilustrasi puasa. (pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi puasa. (pixabay/Free-Photos)

Berikut ini makanan dan minuman yang harus dikonsumsi selama bulan puasa untuk mengendalikan rasa haus.

1. Minumlah setidaknya delapan gelas air setiap harinya. Apalagi jika melakukan olahraga di siang hari, makan minumlah lebih banyak lagi air.

2. Hindari makanan panas dan pedas ketika sahur maupun berbuka karena meningkatkan rasa haus saat berpuasa.

3. Jangan mengonsumsi makanan yang terlalu banyak garam dan hindari makanan asin, seperti ikan asin dan acar. Karena makanan itu hanya akan meningkatkan rasa haus selama berpuasa.

4. Makanlah banyak buah dan sayuran segar yang kaya air dan serat. Karena dua macam makanan sehat itu akan lebih lama tinggal di dalam usus dan mengurangi rasa haus selama berpuasa.

5. Pilihlah jus buah segar saat berbuka atau sahur daripada minuman manis lainnya.

6. Usahakan tidak minum dalam jumlah banyak sekaligus atau saat makan agar tidak mudah membuat haus.

Berita Terkait

Berita Terkini