Info

Bukannya Tak Suka Manis, Ini Alasan Vegan Menghindari Madu

Vegan punya alasan yang cukup masuk akal.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere

madu/unsplash
madu/unsplash

Himedik.com - Salah satu tujuan veganisme adalah meminimalkan eksploitasi dan kekejaman terhadap hewan. Jadi untuk alasan ini, vegan menghindari produk makanan hewani, seperti daging, telur dan susu.

Namun, masih ada perdebatan tentang pola makan vegan karena mereka merasa bahwa makanan yang diproduksi oleh hewan atau serangga, seperti madu, juga harus dihindari.

Melansir dari Medical Daily, beberapa vegan yang menggunakan pola makan nabati sepenuhnya masih menambahkan madu ke dalam makanan mereka. Sebagian vegan tak makan madu. Namun, kebanyakan dari mereka menganggap makanan yang dihasilkan lebah sebagai non-vegan.

Lalu, mengapa madu tidak termasuk dalam kategori makanan vegan?

1. Pertanian madu memengaruhi kesehatan lebah

Madu mengandung karbohidrat dan nutrisi penting lainnya termasuk antioksidan, asam amino, dan antibiotik alami.

Pada umumnya, madu disimpan dan dikonsumsi saat cuaca dingin. Banyak vegan menghindari makan madu karena mereka percaya pertanian madu membahayakan lebah.

Madu (pexels)
Madu (pexels)

2. Eksploitasi lebah

Petani lebah menerapkan praktik-praktik lain yang menurut vegan tidak etis, seperti bentuk-bentuk peternakan hewan lainnya.

Praktik semacam itu termasuk memotong sayap ratu lebah untuk mencegah mereka melarikan diri dari sarang dan membunuh seluruh koloni untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit.

3. Populasi lebah menurun

Vegan juga menghindari pembelian produk-produk lebah karena pertanian komersil dan praktik peternakan lebah telah berkontribusi terhadap penurunan jumlah populasi lebah di seluruh dunia.

Inseminasi buatan, menggantikan ratu sarang secara manual, menempatkan koloni di sarang besar dan mengganggu perlindungan alami dari lingkungan memengaruhi keanekaragaman genetik lebah.

Lebah memainkan peran penting dalam lingkungan. Serangga ini membantu tanaman bereproduksi dengan menransfer serbuk sari dan biji. Penurunan populasi lebah secara tiba-tiba dapat memengaruhi hasil panen dan keanekaragaman tanaman.

Ilustrasi lebah (Pixabay/maohlin)
Ilustrasi lebah (Pixabay/maohlin)

4. Alternatif vegan untuk madu

Ada sejumlah pilihan nabati untuk menggantikan madu. Alternatif ini termasuk sirup maple yang dibuat dari getah pohon maple, nektar kelapa dari bunga kelapa, sirup barley malt dari kecambah barley dan sirup beras merah.

Produk-produk ini bisa menggantikan madu dengan menyediakan berbagai rasa, tekstur dan warna. Tetapi penting untuk mengetahui bahwa alternatif madu ini juga kaya gula. Jadi perhatikan sebelum mengonsumsinya.

Berita Terkait

Berita Terkini