Info

Jangan Singkirkan Dulu, Ternyata Mi Instan Ada Baiknya bagi Tubuh!

Mi instan memiliki kandungan tertentu yang ternyata baik bagi kesehatan tubuh.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Beberapa kandungan dalam mie instan ternyata baik bagi kesehatan tubuh ((Pixabay/RitaE))
Beberapa kandungan dalam mie instan ternyata baik bagi kesehatan tubuh ((Pixabay/RitaE))

Himedik.com - Selama ini pandangan masyarakat tentang mi instan seakan hanya bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh. Pemahaman itu tidak 100% benar, karena mi instan juga memiliki kandungan yang baik bagi tubuh kita.

Mie instan dipandang buruk bagi kesehatan tubuh karena mengandung sedikit nutrisi dan tinggi sodiu serta MSG yang tidak baik dikonsumsi terus-menerus.

Selain itu, mi instan juga mengandung sedikit kalori, serat dan protein. Di sisi lain, makanan instan ini justru tinggi lemak, karbohidrat, natrium dan beberapa zat mikro.

Karena itu, mi instan mungkin cepat membuat kita kenyang tapi tidak membantu dalam program penurunan berat badan.

Meskipun rendah nutrisi seperti serat dan protein, mi instan tetap mengandung beberapa zat gizi mikro yang termasuk zat besi, mangan, folat dan vitamin B. Beberapa mi instan lainnya juga diperkaya dengan nutrisi tambahan.

Kandungan dalam mie instan yang baik bagi kesehatan tubuh manusia (Pixabay/digitalphotolinds)
Kandungan dalam mie instan yang baik bagi kesehatan tubuh manusia (Pixabay/digitalphotolinds)

Melansir dari healthline.com, di Indonesia sendiri mi instan diperkaya vitamin, zat besi dan mineral. Tiga kandungan dalam mi instan tersebut telah terbukti memiliki manfaat baik bagi tubuh manusia.

Sebuah studi telah menemukannya bahwa mengonsumsi susu dan mi instan yang diperkaya zat besi dapat mengurangi risiko anemia, suatu kondisi yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

Selain itu, beberapa mi instan yang dibuat menggunakan tepung terigu juga terbukti membantu meningkatkan asupan mikronutrien tanpa mengubah rasa atau tekstur produk akhir.

Para peneliti pun telah mengaitkan kandungan mi instan dengan asupan zat gizi mikro tertentu. Sebuah studi di tahun 2011 membandingkan asupan nutrisi 6.440 konsumen mie instan dan konsumen mie non-instan.

Hasil menyatakan mereka yang mengonsumsi mie instan memiliki asupan tiamin 31% lebih besar dan riboflavin 16% lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak makan mie instan.

Adapun cara memilih mie instan yang paling baik bagi tubuh, yakni pilih yang terbuat dari biji-bijian utuh karena meningkatkan kandungan serat dan perasaan kenyang. Kita juga bisa memilih mie instan rendah sodium yang mampu menurunkan asupan natrium pada tubuh.

Cara lainnya, kita bisa membuat mie instan menjadi leih sehat dari metode pengolahannya. Alangkah baiknya menambahkan beberapa bahan tambahan lain yang lebih bernutrisi dan kaya vitamin ke dalam mie instan.

Contohnya, dengan menambahkan potongan sayur dan telur sesuai tampilan gambar di bungkus mi instan agar lebih banyak nutrisi yang diperoleh.

Berita Terkait

Berita Terkini