Info

Pizza atau Sereal, Mana yang lebih Sehat Dikonsumsi untuk Sarapan?

Sepotong pizza lebih baik dibanding semangkuk sereal?

Vika Widiastuti

Ilustrasi sereal. (Pixabay/ImagesBG)
Ilustrasi sereal. (Pixabay/ImagesBG)

Himedik.com - Apa makanan yang biasa kamu konsumsi untuk sarapan. Jika ingin sarapan cepat dan bergizi, apa yang akan kamu pilih, pizza atau sereal?

Seorang pakar diet asal Amerika Serikat mengatakan bahwa sepotong pizza merupakan menu sarapan yang lebih baik dibanding semangkuk sereal. Pernyataan tersebut tentu saja menuai pro dan kontra.

Tentu saja, klaim tersebut bergantung pada jenis pizza dan sereal yang kita konsumsi kan?

Dilansir Suara.com dari News.com.au, sereal kerap dianggap tidak sehat karena mengandung tinggi gula dan karbohidrat simpell. Meski demikian, ada juga sereal yang dijual tinggi serat seperti oat dan muesli.

Tapi sebuah penelitian di Australia terbaru yang mengeksplorasi sereal sebagai menu sarapan terungkap bahwa masyarakat yang mengonsumsi sereal memiliki Indeks Massa Tubuh (BMI) lebih rendah, diet sehat sepanjang hari, mengonsumsi lebih banyak serat gandum dan serat makanan, serta mengonsumsi jumlah gula tambahan yang rendah setiap hari.

Jadi meski banyak jenis sereal sarapan manis di luar sana, tidak berarti semua sereal adalah pilihan sarapan yang buruk.

Sementara pizza, sama seperti sereal memiliki berbagai pilihan yang berkembang.

Pizza vs sereal untuk sarapan, lebih sehat mana? (Shutterstock)
Pizza vs sereal untuk sarapan, lebih sehat mana? (Shutterstock)

Ada pizza yang mengandung 300 sampai 400 kalori dan 20 sampai 30 gram lemak per iris, ada juga pizza dengan berton-ton sayuran yang hanya mengandung 150 sampai 200 kalori.

Maka hal yang menjadi masalah di sini adalah membandingkan pizza dan sereal secara bulat.

Sereal sebagai sarapan yang relatif lebih tinggi karbohidrat akan dicerna lebih cepat daripada sepotong pizza yang kaya protein dan sayuran, hal yang mungkin memicu argumen bahwa pizza dianggap pilihan yang lebih baik untuk membuat kenyang sepanjang pagi.

Di sisi lain, ada kemungkinan juga seseorang mengonsumsi pizza kaya protein dan nabati, tetapi tidak memenuhi standar kalori.

Ini juga bukan berarti semangkuk sereal manis lebih baik lho. Kamu tetap membutuhkan serat seimbang dan gizi seimbang.

Bagaimana menurut kamu, lebih baik sarapan dengan sereal atau pizza hari ini? (Suara.com/Risna Halidi)

Berita Terkait

Berita Terkini