Info

Sahur Pakai Mi? Ini Syarat yang Harus Diperhatikan

Jangan coba-coba konsumsi mi goreng atau rebus jika tak ingin cepat lemas selama berpuasa ya.

Vika Widiastuti

Beberapa kandungan dalam mie instan ternyata baik bagi kesehatan tubuh ((Pixabay/RitaE))
Beberapa kandungan dalam mie instan ternyata baik bagi kesehatan tubuh ((Pixabay/RitaE))

Himedik.com - Cara memasaknya yang mudah dan praktis membuat beberapa orang menjadikan mi sebagai menu sahur. Namun, ada yang perlu diperhatikan saat memilih mie sebagai menu untuk sahur. 

Jangan coba-coba konsumsi mi goreng atau rebus jika tak ingin cepat lemas selama berpuasa ya. Menurut dr. Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp. GK – dokter spesialis gizi klinik RS Pondok Indah – Pondok Indah, menjadikan mi sebagai menu sahur sah-sah saja dilakukan, asal diimbangi dengan konsumsi serat yang cukup agar perut tak cepat keroncongan.

"Boleh saja asal ada seratnya. Dan seratnya itu harus cukup. Bukan hanya yang penting ada sayur atau makan buah," ujar dr. Juwalita di sela-sela temu media di Jakarta, Senin (29/4/2019).

Kandungan dalam mie instan yang baik bagi kesehatan tubuh manusia (Pixabay/digitalphotolinds)
Mie instan. (Pixabay/digitalphotolinds)

Dr. Juwalita memberikan gambaran, untuk 100 gram karbohidrat yang kita konsumsi, maka harus diimbangi dengan seporsi sayur yang setara dengan semangkuk. Satu porsi sayur sendiri, kata dia, umumnya mengandung 3-4 gram serat. Jika seseorang mengonsumsi mi dengan nasi, maka jumlah sayur yang harus dikonsumsi pun sebaiknya ditambah.

"Kalau karbohidratnya double (mi dan nasi), maka sayurnya harus ditambah dan plus buah. Kalau seratnya cukup, nggak masalah makan mi saat sahur," imbuh dia.

Jika tidak diimbangi dengan konsumsi sayur dan buah, dr. Juwalita mengatakan, maka gula darah seseorang akan cepat naik ketika sahur namun cepat turun juga jauh sebelum waktu berbuka tiba. Anda tidak mau, kan, siang hari sudah lemas karena kelaparan? Jadi jangan coba-coba makan mi saja saat sahur ya! (Suara.com/Firsta Nodia)

Berita Terkait

Berita Terkini