Info

Jelang Puasa Ramadan 2019, Ketahui Efek Samping Kurma pada Tubuh

Kurma ternyata bisa menimbulkan efek samping jika terlalu banyak dikonsumsi.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Terlalu banyak makan kurma bisa menimbulkan sejumlah efek samping pada tubuh (Pexels/rawpixel.com)
Terlalu banyak makan kurma bisa menimbulkan sejumlah efek samping pada tubuh (Pexels/rawpixel.com)

Himedik.com - Jelang Ramadan 2019, sebagian masyarakat mungkin sudah mempersiapkan buah kurma sebagai pendamping ibadah puasa. Padahal terlalu sering mengonsumsi buah kurma juga bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

Beberapa orang mungkin memiliki kepercayaan mengonsumsi kurma agar tubuh lebih kuat menjalani ibadah puasa. Secara umum, kurma memang mempunyai banyak manfaat kesehatan dan kecantikan.

Namun, mengonsumsi kurma terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Melansir dari goodhealthall.com, adapun beberapa efek samping kurma jika dikonsumsi terlalu banyak.

1. Meningkatkan gula darah

Kurma sebagai buah pendamping puasa ini kaya gula alami, seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa dengan indeks glikemiknya sekitar 103 gram atau lebih.

Indeks glikemik yang tinggi pada kurma inilah bisa menyebabkan peningkatan gula darah dan berbahaya bagi penderita diabetes. Baiknya batasi konsumsi kurma, satu kali dalam sehari.

Efek samping terlalu banyak makan kurma (pixabay/Enotovyj)
Efek samping terlalu banyak makan kurma (pixabay/Enotovyj)

2. Kesulitan bernapas

Kurma yang kaya nutrisi seperti protein, vitamin, mineral dan sebagainya memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun kurma yang memiliki kadar kalium tinggi juga bisa buruk bagi kondisi tubuh kita.

Sebab asupan kalium yang terlalu banyak dalam tubuh bisa menimbulkan kelelahan ekstrem, mati rasa, mual atau muntah, kesulitan bernapas, nyeri dada hingga detak jantung tak beraturan. Pada kondisi yang lebih buruk bisa meningkatkan risiko hiperkalemia.

Karena itu, konsumsilah kurma dalam batas yang sedang agar tidak terlalu banyak asupan kalium dalam tubuh.

3. Sakit perut dan mual hebat

Satu hal yang membuat tampilan kurma mengkilat karena makanan ini memiliki lapisan lilin di luarnya guna menarik perhatian.

Lapisan lilin di kulit luar kurma inilah yang biasanya mengandung bahan beracun. Jika terlalu banyak mengonsumsi kurma, itu bisa menimbulkan gangguan pada perut dan mual berlebih.

Pada kondisi yang lebih serius, konsumsi kurma dengan lapisan lilin terlalu banyak bisa mengancam jiwa.

ilustrasi kram perut saat haid - (Unsplash/rawpixel)
ilustrasi kram perut saat haid - (Unsplash/rawpixel)

4. Nyeri perut

Kurma memang bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan tubuh karena memiliki banyak nutrisi dan serat di dalamnya.

Tetapi, mengonsumsi kurma berlebihan dapat menimbulkan iritasi parah pada perut yang diikuti kram perut dan nyeri di bagian dalam perut.

5. Kembung

Sebuah penelitian menemukan mengonsumsi kurma terlalu banyak bisa menimbulkan efek kembung. Apalagi jika mengonsumsi kurma bersamaan dengan air.

Hal itu terjadi karena adanya interaksi antara kadar gula tinggi pada kurma dan air. Oleh karena itu, disarankan jangan langsung minum air setelah mengonsumsi kurma.

Berita Terkait

Berita Terkini