Info

Hindari 3 Minuman Ini selama Bulan Puasa, Ada Teh dan Kopi!

Ada 3 macam jenis minuman yang seharusnya dihindari selama bulan puasa karena hanya akan menimbulkan masalah pencernaan dan dehidrasi.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi teh panas (Pixabay)
Ilustrasi teh panas (Pixabay)

Himedik.com - Puasa Ramadan 2019 segera tiba. Apa minuman favoritmu untuk berbuka puasa dan sahur? Ternyata ada beberapa minuman yang harusnya dihindari selama berpuasa karena memberikan efek buruk, seperti teh dan kopi.

Seperti yang kita tahu, sebesar 60-70 persen tubuh manusia terdiri dari air yang mempengaruhi fungsi setiap sel-sel dan saraf dalam tubuh.

Selama puasa, pastinya tubuh manusia kehilangan lebih banyak cairan. Kondisi itulah yang membuat seseorang yang menjalankan puasa merasakan dehidrasi dan ingin mengonsumsi berbagai jenis minuman saat berbuka puasa.

Begitu pula ketika sahur, beberapa orang mungkin akan menyediakan beberapa jenis minuman agar siang hari tidak merasakan haus dan dehidrasi.

Kebanyakan orang mungkin akan menyediakan teh atau kopi ketika berbuka puasa dan sahur. Sayangnya, melansir dari emirates247.com, dua minuman ini justru harus dihindari selama menjalankan puasa.

ilustrasi minuman soda - (Pixabay/Bru-nO)
ilustrasi minuman soda - (Pixabay/Bru-nO)

1. Teh dan Kopi

Selama berpuasa, disarankan menghindari minum teh dan kopi karena mengandung kafein yang bisa menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan. Akibatnya, kita akan merasa cepat haus dan dehidrasi ketika menjalankan ibadah puasa.

Selain itu, minuman manis seperti teh yang dipercaya membuat kita lebih kuat menjalankan puasa justru akan membuat kita lebih cepat merasa lapar.

Di sisi lain, minuman ini juga berisiko menimbulkan masalah pencernaan seperti asam lambung. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk menghindari teh dan kopi selama berpuasa.

Minum kopi di pagi hari seperti Reino Barack ternyata memberikan 5 manfaat mengejutkan, salah satunya turunkan risiko kematian (Pixabay/cocoparisienne)
Minum kopi di pagi hari seperti Reino Barack ternyata memberikan 5 manfaat mengejutkan, salah satunya turunkan risiko kematian (Pixabay/cocoparisienne)

2. Soda

Meskipun kamu sudah berbuka puasa dan makan nasi, tetap tahan dirimu untuk mengambil minuman soda. Usahakan hindari konsumsi minuman soda selama bulan puasa.

Pasalnya, minuman soda ini hanya akan menimbulkan masalah pencernaan dan rasa cepat kenyang yang menurunkan kualitas pencernaan. Terlalu banyak minum soda di bulan puasa hanya akan membuatmu merasa cepat kenyang sekaligus menunda proses pencernaanmu.

Sebaiknya, gantilah 3 macam minuman di atas dengan air kelapa. Minuman ini adalah sumber elektrolit yang bagus dengan kandungan gula alami dan mineral yang bisa mencegah dehidrasi saat puasa.

Kamu juga bisa mengonsumsi mentimun, nanas, tomat, jeruk, melon dan bawang yang membantu mengurangi panas tubuh selama bulan puasa.

Berita Terkait

Berita Terkini