Info

Dapatkan Manfaat Puasa, Ini 5 Hal yang Harus Dihindari Saat Berbuka!

Berikut adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari selama berbuka puasa.

Vika Widiastuti

Ilustrasi makan bersama keluarga (Pixabay/skeeze)
Ilustrasi makan bersama keluarga (Pixabay/skeeze)

Himedik.com - Berpuasa di bulan Ramadan menjadi tantangan tersendiri bagi umat muslim, terutama saat cuaca cukup panas di siang hari. Meski begitu puasa memiliki banyak manfaat untuk tubuh. 

Di antaranya adalah mengajarkan kita mengontrol diri, mengangkat semangat kita, dan membuat sistem makan kita lebih teratur.  

Namun, ada beberapa kesalahan yang cukup sering kita lakukan ketika waktu berbuka puasa tiba, sehingga manfaat tersebut malah tak terasa. 

Kita semua mungkin sudah tahu bahwa kita seharusnya tidak melakukan hal-hal ini, namun seringkali justru sulit untuk menahannya. Berikut adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari selama berbuka puasa, seperti dilansir Suara.com dari Fustany.

1. Minum terlalu banyak air

Begitu Anda mendengar adzan, Anda mungkin akan segera mengambil air dan mulai untuk minum. Tetapi terlalu banyak air tidak baik setelah Anda berpuasa berjam-jam. Itu akan membuat Anda merasa begitu kenyang atau bahkan membuat Anda sakit perut.  Minumlah sedikit demi sedikit sampai Anda tidak haus lagi.


2. Makan terlalu banyak

Sekali lagi Anda tidak bisa mengharapkan perut Anda memproses makanan sebanyak itu setelah sebelumnya kosong hampir sepanjang hari. Motivasi diri Anda dengan memasak dalam jumlah kecil dan menyajikan dalam jumlah kecil ke piring Anda.

Ilustrasi buat makanan (Pixabay/congerdesign)
Ilustrasi buat makanan (Pixabay/congerdesign)


3. Melebihi batas gula Anda

Mengkonsumsi gula dalam jumlah besar hanya akan membuat hari Anda semakin buruk. Itu akan membuat Anda merasa lebih lapar dan haus, Anda tentu tidak menginginkannya. Sebaikmya konsumsi kurma dan jangan tambahkan gula ke jus alami Anda. Gula memang menggoda, tetapi juga cara tercepat untuk menambah berat badan.


4. Karbohidrat dan lemak terlalu banyak

Karbohidrat dan lemak seharusnya tidak menjadi pilihan pertama Anda saat berbuka puasa, cara yang ideal adalah mulai dengan sup dan salad, kemudian beralih ke protein dan kemudian Anda dapat memiliki karbohidrat dalam jumlah yang lebih kecil. Ini akan dihitung sebagai makanan seimbang yang  memiliki jumlah kalori yang tepat yang Anda butuhkan.


5. Tidur setelah Anda makan

Jangan lakukan itu, tidak peduli betapa lelahnya Anda. Cobalah untuk tetap terjaga dan mungkin berjalan-jalan setelah makan, ini akan memberi tubuh Anda kesempatan untuk mencerna makanan dengan baik, sehingga Anda tidak mendapatkan masalah pencernaan.

(Suara.com/Dinda Rachmawati)

Berita Terkait

Berita Terkini