Info

Penelitian Ungkap Kentang Justru Bisa Sebabkan Kegemukan, Ini Alasannya!

Penelitian mengungkap mengonsumsi nasi dan kentang dengan cara yang salah sama-sama bisa menyebabkan kegemukan.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Kentang - (Pixabay/Couleur)
Kentang - (Pixabay/Couleur)

Himedik.com - Sebagian orang yang berusaha mencegah kenaikan berat badan mungkin akan mengganti nasi dengan kentang. Tetapi, apakah kentang benar-benar membantu kita mencegah kenaikan berat badan atau obesitas?

Faktanya melansir dari healthxchange.sg, baik kentang maupun nasi adalah karbohidrat komplek yang jika dimakan dalam jumlah sedang tidak akan membuat gemuk.

Tetapi, kentang saja juga bisa menyebabkan masalah obesitas jika mengonsumsi dengan cara masak dan jumlah yang salah.

Contohnya, jika kita mengonsumsi kentang dengan cara ditumis atau digoreng menggunakan mentega atau margarin. Alih-alih mencegah kegemukan, cara masak kentang seperti itu justru meningkatkan jumlah kalori sebanyak 5 kali lipat dari kentang rebus.

Sama halnya jika kita mengonsumsi nasi dengan cara yang salah seperti mengolahnya menjadi nasi goreng, nasi ayam atau nasi biryani.

Makan nasi justru tidak menyebabkan obesitas (Pixabay/SpencerWing)
Makan nasi justru tidak menyebabkan obesitas (Pixabay/SpencerWing)

Pengolahan nasi seperti itu hanya justru menambah kadar kalorinya yang menyebabkan kegemukan.

Artinya, nasi dan kentang sama-sama makanan yang tidak akan membuat gemuk selama kita mengonsumsinya dalam jumlah yang benar dan tidak berlebihan.

Selain itu, kurangnya aktivitas fisik meskipun sudah mengonsumsi nasi atau kentang dengan benar juga tidak akan membantu dalam mencegah kenaikan berat badan.

Lalu, apakah mengonsumsi kentang dan nasi bersamaan boleh?

Makan nasi dan kentang secara bersamaan sering dikaitkan dengan masalah diabetes tipe 2.

Sebagian besar varietas kentang dan nasi adalah karbohidrat indeks glikemik tinggi yang telah dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2.

Karena nasi dan kentang memiliki banyak manfaat gizi, para ahli kesehatan menyarankan agar mereka dimakan dalam jumlah sedang sebagai bagian dari diet seimbang.

Ukuran porsi dan metode memasak yang sehat adalah beberapa faktor yang perlu diingat ketika mengonsumsi nasi dan kentang. Penderita diabetes juga dapat dengan aman menikmati nasi bergizi dan olahan kentang dalam porsi kecil sebagai bagian dari rencana makan sehat yang mencakup biji-bijian, daging tanpa lemak, dan buah-buahan dan sayuran berserat tinggi.

Berita Terkait

Berita Terkini