Info

Makan Jambu Biji Selama Hamil, Bantu Kontrol Tekanan Darah Hingga Kanker

Mengonsumsi jambu biji selama masa kehamilan sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama menurunkan risiko kanker hingga kontrol tekanan darah tinggi.

Agung Pratnyawan | Shevinna Putti Anggraeni

Manfaat mengonsumsi jambu biji selama masa kehamilan (Pixabay/einszweifrei)
Manfaat mengonsumsi jambu biji selama masa kehamilan (Pixabay/einszweifrei)

Himedik.com - Konsumsi jambu biji selama kehamilan ternyata aman dan menyehatkan. Jambu biji yang kaya nutrisi dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan selama kehamilan.

Asalkan, anda mengonsumsi jambu bijinya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak dan mengupasnya sebelum memakannya.

Sebab, mengonsumsi jambu biji dalam jumlah yang terlalu banyak bisa berbahaya bagi kesehatan janin dalam perut. Melansir dari momjunction.com, adapun manfaat mengonsumsi jambu biji selama masa kehamilan, yakni:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jambu biji yang kaya vitamin C berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Metabolisme dan kekebalan tubuh yang baik dalam melindungi diri dari berbagai penyakit dan infeksi.

Ilustrasi jambu biji (Pixabay/SandeepHanda)
Ilustrasi jambu biji (Pixabay/SandeepHanda)

 

2. Mengontrol tekanan darah

Selama masa kehamilan, biasanya wanita lebih rentan mengalami tekanan darah tinggi. Karena itu, jambu biji sangat membantu menjaga tingkat tekanan darah agar tetap terkendali dan menghindari risiko keguguran atau kelahiran prematur.

Selain itu, jambu biji yang kaya kandungan kalium juga dapat membantu menjaga tekanan darah tetap optimal dan mencegah lonjakan tekanan darah.

3. Mengatur gula darah

Diabetes gestasional salah satu penyakit yang biasa terjadi salam masa kehamilan, terutama di minggu ke-24.

Jambu biji pun memiliki manfaat untuk mengontrol kadar gula darah karena kandungan seratnya yang tinggi dan memiliki karbohidrat kompleks guna mencegah terserang diabetes gestasional.

4. Meningkatkan sistem pencernaan

Konsumsi jambu biji selama kehamilan juga membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah masalah mulas, mual dan lainnya.

Konsumsi makanan alkali sangat disarankan selama masa kehamilan karena bisa menurunkan risiko pengembangan keasaman dan gastroesophageal reflux.

Dalam hal ini jambu biji memiliki sifat basa yang membantu menyeimbangkan kandungan asam lambung. Makan jambu biji di antara waktu makan memastikan bahwa kandungan pH lambung terjaga dengan baik dan seimbang.

5. Menurunkan risiko kanker

Kanker memang jarang terjadi pada wanita hamil. Tetapi, mencegahnya lebih awal tentu lebih baik.

Anda bisa mencegahnya dengan konsumsi jambu biji yang kaya antioksidan guna melawan kanker. Selain itu, jambu biji juga kayak likopen dan vitamin C yang membantu mendetoksifikasi tubuh.

6. Mencegah sembelit dan wasir

Sembelit dan wasir adalah masalah yang sering dialami wanita hamil karena hormonnya yang lambat. Jambu biji yang kaya serat memiliki peranan penting dalam mencegah kondisi ini.

Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji dapat mencegah sembelit.

Berita Terkait

Berita Terkini