Info

Lidah Mertua, Tanaman Ini Bisa Tingkatkan Kualitas Udara di Kamar

Tanaman hias lidah mertua mempunyai banyak fungsi, apalagi jika diletakkan di dalam kamar.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah

5 Manfaat tanaman lidah mertua yang sering dijadikan hiasan rumah (Pixabay/Tanuj_handa)
5 Manfaat tanaman lidah mertua yang sering dijadikan hiasan rumah (Pixabay/Tanuj_handa)

Himedik.com - Anda tentu sangat familiar dengan lidah mertua bukan? Ini adalah tanaman yang sangat mudah ditemukan di Indonesia.

Walau terlihat biasa saja, ternyata tanaman berdaun tegak ini mempunyai beragam manfaat, terlebih jika diletakkan di dalam kamar tidur.

Melansir Lifehacker, tanaman lidah mertua merupakan salah satu tanaman hias yang paling direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas udara.

Oleh karena itu, tempat optimal untuk merawat tanaman ini adalah kamar tidur. Manfaat lidah mertua lainnya juga bisa mengubah CO2 atau karbondioksida menjadi oksigen di malam hari.

Hal ini juga direkomendasikan oleh studi NASA (yang mencantumkan berbagai tanaman yang baik untuk udara) dan peneliti Kamal Meattle. Hal penelitian itu menunjukkan ada 3 tanaman hias umum yang bisa meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Salah satunya adalah lidah mertua.

Ilustrasi lidah mertua (Pixabay/KatiaMaglogianni)
Ilustrasi lidah mertua (Pixabay/KatiaMaglogianni)

Sementara sebagian besar tanaman mengambil oksigen di malam hari, tanaman ini justru mengeluarkan oksigen di malam hari.

Lidah mertua juga menyaring formaldehyde, trichlorethylene, xylene, toluene, dan benzene dari udara. Itulah mengapa tanaman ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

Meattle bahkan merekomendasikan untuk meletakkan 6 hingga 8 lidah mertua di dalam rumah untuk memperbaiki kualitas udara.

Berita Terkait

Berita Terkini