Info

Ketahui Cara Meningkatkan Hb Secara Alami untuk Penderita Anemia

Lalu, bagaimana cara menaikkan kadar Hb secara alami dan terhindar dari anemia?

Vika Widiastuti

Ilustrasi pusing. (pixabay)
Ilustrasi pusing. (pixabay)

Himedik.com - Anemia merupakan kondisi di mana kadar hemoglobin atau Hb turun. Hemoglobin merupakan sejenis proteim yang ada dalam sel darah merah dan bertanggung jawab untuk membaw oksigen ke seluruh tubuh. 

Normalnya, kadar Hb di dalam darah adalah 14 hingga 18 g/dl untuk lelaki dewasa dan 12 hingga 16 g/dl untuk perempuan dewasa.

Beberapa gejala anemia di antaranya adalah kelemahan, kelelahan, sakit kepala, sesak napas, pusing, nafsu makan yang buruk, dan detak jantung yang cepat. Untuk itu, menaikkan kadar Hb adalah salah satu cara ampuh untuk mengatasinya.

Lalu, bagaimana cara menaikkan kadar Hb secara alami dan terhindar dari anemia? Dilansir Suara.com dari laman food.ndtv.com, inilah yang Anda bisa coba lakukan untuk menaikkan kadar Hb secara alami:

1. Konsumsi makanan kaya zat besi
Kadar Hb yang rendah, penyebab utamanya memang kekurangan zat besi. Itu sebabnya, konsumsi makanan kaya zat besi sangat disarankan, di antaranya sayuran berdaun hijau seperti bayam, bit, tahu, asparagus, hati ayam, telur, tiram, apel, delima, aprikot, semangka, plum, biji labu, kurma, almond, dan kismis. Kebutuhan zat besi bervariasi antar individu, tergantung pada usia, berat badan, tingkat gizi, dan jenis kelamin. Tapi secara umum, lelaki dewasa membutuhkan hingga 8 mg/hari dan perempuan dewasa membutuhkan sekitar 19 mg/hari.

2. Perbanyak asupan vitamin C
Vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Jadi, barengi konsumsi makanan kaya zat besi dengan asupan vitamin C, yang bisa berasal dari suplemen atau makanan seperti jeruk, lemon, stroberi, pepaya, paprika, brokoli, jeruk bali, dan tomat.

Stroberi. (pixabay/congerdesign)
Stroberi. (pixabay/congerdesign)

 

3. Tingkatkan asupan asam folat
Kekurangan asam folat secara otomatis akan membuat kadar Hb jadi rendah. Asam folat sendiri merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang diperlukan untuk membuat sel darah merah. Beberapa sumber makanan asam folat yang baik adalah sayuran berdaun hijau, kecambah, gandum, kacang tanah, pisang, brokoli, dan hati ayam.

4. Hindari makanan yang menghalangi penyerapan zat besi
Beberapa makanan dan minuman punya kemampuan untuk menghalangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi, misalnya kopi, teh, dan soda. Nah, jika Anda ingin menaikkan kadar Hb, untuk sementara lupakan dulu minuman ini, ya. (Suara.com/Vania Rossa)

Berita Terkait

Berita Terkini