Info

Minum Air Rendaman Kismis Secara Rutin, Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh

Konsumsi air rendaman kismis secara rutin membantu membersihkan organ hati dari zat beracun yang bisa menimbulkan penyakit serius jika terlalu banyak menumpuk.

Agung Pratnyawan | Shevinna Putti Anggraeni

Manfaat minum air rendaman kismis (Pixabay/683440)
Manfaat minum air rendaman kismis (Pixabay/683440)

Himedik.com - Hati sebagai organ penting yang menampung zat beracun dalam tubuh manusia pastinya membutuhkan pembersihan atau detoksifikasi secara rutin agar tidak memicu penyakit serius, salah satunya menggunakan air rendaman kismis.

Perlu dipahami hati adalah organ tubuh manusia yang berfungsi menawarkan dan menetralisir racun. Hati bertanggung jawab untuk memecah lemak menjadi energi bagi tubuh.

Organ vital ini juga memegang peranan penting dalam mengatur gula darah. Karena itu, jika hati tidak berfungsi dengan baik maka bisa saja terjadi sesuatu yang serius.

Apalagi jika kita tidak memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Bisa saja makanan dan minuman harian kita itulah penyebab kerusakan hati seiring berjalannya waktu.

Melansir dari foodprevent.com, kita bisa melakukan pembersihan dan mendetoksifikasi hati dengan minum air rendaman kismis.

Ilustrasi kismis (Shutterstock)
Ilustrasi kismis (Shutterstock)

Kismis yang biasa digunakan sebagai topping kue ini kaya kandungan serat dan antioksidan seperti bioflavonoid serta vitamin C yang berfungsi menjaga pencernaan, membersihkan racun dalam tubuh dan melindungi dari radikal bebas.

Menurut informasi yang diterbitkan Universitas Barkley (Barkley Wellness), kismis mengandung 3 kali lebih banyak antioksidan dibandingkan anggur merah dan hijau.

Padahal anggur termasuk buah-buahan yang kaya antioksidan tetapi terkalahkan dengan kismis. Hal ini karena kismis termasuk buah-buahan yang dikeringkan dan sudah pasti senyawanya sangat terkonsentrasi.

Para ahli pun menemukan bahwa minum air rendaman kismis juga memiliki banyak manfaat. Kita kita merendam kismis ke dalam air, nutrisinya akan berbentuk cair dan memungkinkan tubuh menyerapnya lebih cepat.

Minum air rendaman kismis mampu membersihkan hati ketika bergerak melalui sistem pencernaan karena mengandung banyak serat dengan antioksidan yang bertugas membersihkan racun dalam tubuh.

Kismis. (pixabay/forwimuwi73)
Kismis. (pixabay/forwimuwi73)

Cara membuat air rendaman kismis

Bersihkan 150 gram kismis menggunakan saringan. Kemudian masukkan kismis ke dalam air dengan takaran 2 gelas.

Lalu rebus air rendaman kismis selama 20 menit. Jika sudah selesai, diamkan kismis terendam dalam air tersebut semalaman.

Selanjutnya kita bisa meminumnya di pagi hari ketika perut kosong. Cara lainnya, kita juga bisa mengonsumsi kismis ini sebagai campuran oatmeal.

Lakukan metode pembersihan hati menggunakan air rendaman kismis ini atau cara lainnya secara rutin agar tubuh bersih dari racun.

Berita Terkait

Berita Terkini