Info

Kamu Wajib Tahu! Ini 5 Makanan yang Bisa Membersihkan Usus Besar

Menjaga usus besar agar tetap bersih sangat penting untuk kesehatan yang baik.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

Ilustrasi usus besar - (Pixabay/Elionas2)
Ilustrasi usus besar - (Pixabay/Elionas2)

Himedik.com - Peranan usus besar sangat penting, yaitu untuk penyerapan nutrisi yang efektif. Nah, jika kita mengonsumsi makanan tak sehat maka secara tak langsung akan memengaruhi fungsi biologis dan bisa mengakibatkan penyakit.

Oleh karena itu, menjaga usus besar agar tetap bersih sangat penting untuk kesehatan yang baik. Inilah beberapa makanan sehat yang bisa membantu membersihkannya, melansir dari Boldsky.

1. Oat

Oat dikatakan mengandung campuran unik komponen bioaktif seperti fenolik, karoten, asam fitat, betaglukan dan vitamin E. Manfaatnya adalah meningkatkan pergerakan usus.

Oat juga disebut membentuk metabolit yang diinginkan tubuh, termasuk asam lemak rantai pendek yang sangat membantu di usus besar.

<p><em><a href="https://cdn.pixabay.com/photo/2016/10/07/13/36/tangerines-1721590_960_720.jpg">Ilustrasi jeruk. [Pixabay]</a></em></p>

Ilustrasi jeruk. [Pixabay]

 

2. Jeruk

Buah seperti lemon, jeruk, dan grapefruit sangat penting dalam pembersihan usus besar. Mereka juga dikenal memiliki efek positif dalam mengurangi peradangan dan menghambat kanker usus besar.

Kehadiran metabolit alami aktif dalam jus buah jeruk memengaruhi penyerapan langsung di usus. Flavonoid dan agen antioksidan secara signifikan mengurangi kemungkinan penyakit medis kolik.

3. Alpukat

Alpukat adalah obat yang sempurna untuk usus besar. Alpukat diketahui secara efektif menghambat pertumbuhan sel kanker di usus.

Oleh karena itu, buah ini juga banyak digunakan sebagai pengobatan komplementer kanker usus besar. Alpukat juga bisa mengurangi stres di dalam rongga usus besar dan sel-sel yang berdampingan.

Buah alpukat. (Shutterstock)
Buah alpukat. (Shutterstock)

4. Yoghurt

Sejumlah penelitian tentang pencernaan kolik telah menyimpulkan bahwa yogurt makanan memainkan peran penting dalam kesehatan usus besar.

Yogurt mengandung bakteri esensial yang merupakan bagian dari mikroflora usus besar. Bakteri ini membantu penyerapan nutrisi dan pencernaan mangkuk yang efektif.  Tingginya jumlah bakteri, usus besar bekerja secara ajaib untuk menyerap nutrisi makanan dan mengurangi stres dalam saluran usus.

5. Bayam

Sayuran berdaun hijau dikenal menawarkan berbagai manfaat kesehatan untuk wilayah usus. Bayam sendiri memiliki kandungan serat tinggi yang secara efektif bekerja di sistem pencernaan. Hal itu secara signifikan mengurangi stres kolik.

Berita Terkait

Berita Terkini