Info

Jarang Diketahui! Ternyata Ini Fungsi Lubang pada Biskuit!

Ternyata lubang pada biskuit tertentu ini bukan hanya mempercantik penampilan.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi biskuit. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi biskuit. (Pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Anda pasti kerap melihat terdapat lubang di beberapa biskuit. Namun, sebagian lainnya tidak berlubang. Tahukah Anda fungsi dari lubang tersebut?

Ternyata lubang pada biskuit tertentu ini bukan hanya mempercantik penampilan, tetapi, lubang-lubang ini penting dan memiliki fungsi untuk biskuit tertentu.

Lubang-lubang kecil pada beberapa biskuit dibuat agar uap bisa keluar. Sehingga biskuit tidak akan pecah atau hancur ketika dioven.

"Jika tidak ada lubang, uap akan menumpuk di dalam biskuit dan biskuit akan mudah pecah atau hancur. Dengan mengeluarkan uap dari biskuit dapat membuat teksturnya lebih rata," kata Mark Greenwell, manajer tim di pabrik pladis di Carlisle dikutip darri independent.co.uk.

Ilustrasi biskuit (Shutterstock).
Ilustrasi biskuit (Shutterstock).

 

Sedangkan, beberapa biskuit yang tidak didesain memiliki lubang seperti kue kacang atau jahe itu karena kue tersebut memiliki penyajian yang berbeda.

Kue-kue tersebut memang dirancang agar mudah dipatahkan sehingga tidak diberi lubang agar uap tidak keluar dari biskuit.

"Karena uapnya tetap berada di dalam biskuit, panas yang terperangkap di dalam biskuit membuat karamel gula turun," ujarnya.

Melansir dari todayifoundout.com, seberapa besar dan banyaknya lubang-lubang ini pun disesuaikan dengan ukuran biskuit.

Jarak lubang pada biskuit pun tidak boleh saling berdekatan karena akan memberikan efek keras dan kering karena terlalu banyak uap yang keluar. Begitu pula ketika membuat lubang-lubang pada kerupuk.

Jika jarak antara lubang terlalu jauh juga akan membuat beberapa bagian biskuit akan menggelembung dan permukaan menjadi tidak rata.

Berita Terkait

Berita Terkini