Info

Perlu Diperhatikan! Ini 8 tanda-tanda Anda Kelelahan Setelah Beraktivitas

Sebelum tubuh mengalami kelelahan kronis, sebenarnya ada gejala-gejala awal yang bisa dikenali lebih dulu.

Vika Widiastuti

Kurang tidur bikin tubuh lelah. (unsplash)
Kurang tidur bikin tubuh lelah. (unsplash)

Himedik.com - Padatnya aktivitas saat momen Lebaran kerap kali membuat badan lelah. Rasa lelah yang dibiarkan akan membuat seseorang rentan mengalami sakit.

Sebelum tubuh mengalami kelelahan kronis, sebenarnya ada gejala-gejala awal yang bisa dikenali lebih dulu. Hal ini bisa membuat Anda mengatasinya secara lebih awal, sebelum Anda mengalami suatu kondisi yang disebut "sakit".

Dilansir Suara.com dari bustle.com, ada 8 tanda yang bisa Anda perhatikan jika mengalami kelelahan;


1. Bibir kering
Bagi orang yang tak kelelahan, bibir kering menandakan ia dehidrasi. Tapi bagi yang mengalami kelelahan adrenal, bibir kering menjadi pertanda bahwa mereka stres secara berlebihan, yang biasanya diikuti dengan kurang tidur dan sakit pada beberapa bagian tubuh.

2. Sulit tidur
Sulit tidur bisa terjadi jika Anda mengalami hari yang berat, banyak pikiran, sehingga membuat Anda tidak tidur pada waktu biasa Anda tidur. Namun bagi yang stres dan kelelahan berat, mereka biasanya mengalami bangun di tengah tidur mereka, dan hal ini bisa membuat mereka sulit tertidur lagi. Untuk memulihkan kondisi ini, sebaiknya curi waktu untuk tidur siang, agar tenaga Anda dipulihkan lagi.

3. Kurang konsentrasi
Jika tubuh lelah, maka langsung berdampak pada kurangnya konsentrasi. Hal ini sudah secara otomatis terjadi.

Ilustrasi sakit kepala (Pixabay/geralt)
Ilustrasi sakit kepala (Pixabay/geralt)

 

4. Sakit kepala atau migren
Pertanda fisik lain dari kelelahan yang harus segera istirahat adalah sakit kepala atau migren di bagian kepala tertentu. Biasanya rasa sakit yang mengiringi adalah nyeri di bagian pundak. Untuk mengatasinya, hirup aroma peppermint atau mengonsumsi air jahe.

5. Pekerjaan jadi terasa berat
Ketika melakukan pekerjaan fisik yang sebenarnya biasa-biasa saja, Anda justru merasa tak kuat. Itulah suara keras dari tubuh Anda untuk segera istirahat.

6. Sering ingin marah
Di saat tubuh sangat lelah, maka kurang tidur dan ingin marah biasanya menjadi satu paket. Sensitivitas sangat tinggi, sehingga emosi mudah tersult. Untuk mengatasinya, sebaiknya tarik napas panjang dan tenangkan hati.

7. Ingin makan terus
Jika lelah berat, seseorang biasanya ingin makan yang manis-manis atau makanan cepat saji. Jika ini dituruti, maka sulit untuk berhenti. Salah satu cara menyetopnya adalah makan sebuah apel dan Anda akan merasakan kenyang yang lama.

8. Jantung sering berdebar-debar
Semakin sering seseorang mengalami jantung berdebar-debar, maka risiko sakit jantung akan semakin besar pula untuknya. Cara mengatasinya adalah mencoba rileks dengan segala cara, misalnya mendengarkan musik yang bisa membuat Anda tertidur atau menemani meditasi. (Suara.com/Fabiola Febrinastri)

Berita Terkait

Berita Terkini