Info

Jangan Lakukan, Ini Bahayanya Makan Daging Ayam dan Ikan Laut Bersamaan!

Konsumsi lebih dari satu jenis daging dalam satu piring atau satu waktu bisa menyebabkan masalah penyakit.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Bahaya mengonsumsi berbagai macam daging, seafood, ayam dan daging merah untuk kesehatan (Pixabay/ShenXin)
Bahaya mengonsumsi berbagai macam daging, seafood, ayam dan daging merah untuk kesehatan (Pixabay/ShenXin)

Himedik.com - Pernahkah mendengar larangan tidak boleh mengonsumsi makanan laut dan darat bersamaan dalam satu piring? Larangan ini juga bisa dianggap peringatan bahwa mengonsumsi dua jenis daging berbeda bisa menimbulkan penyakit.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa ada 3 jenis daging, yaitu daging merah (sapi dan kambing), unggas (ayam, burung, bebek dan lainnya), dan seafood (ikan, udang, cumi dan lainnya).

Ketiga jenis daging itu tentu memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, daging-daging itu juga bisa membawa malapetaka jika mengonsumsinya tidak benar.

David Friedman, ahli gizi sekaligus penulis Food Sanity: How to Eat in a World of Fads and Fiction pun membenarkan bahwa kita tidak dapat mengonsumsi 2-3 jenis daging tersebut secara bersamaan dalam satu piring atau satu waktu.

Kebiasaan mengonsumsi lebih dari satu jenis daging dalam satu piring atau mengolahnya sebagai junk food dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Ilustrasi masakan kombinasi daging (Pixabay/guvo59)
Ilustrasi masakan kombinasi daging (Pixabay/guvo59)

"Ikan laut membutuhkan waktu 30 menit untuk dicerna, daging ayam membutuhkan satu setengah hingga dua jam untuk dicerna dan daging mera (sapi, kambing dan lainnya) membutuhkan waktu hingga lima jam untuk dicerna," ujar David Friedman dikutip dari Dollar Shave Club.

Daging merah membutuhkan lebih banyak waktu agar dicerna dengan baik karena mengandung banyak protein dibandingkan ikan dan unggas.

Oleh karena itu, proses pencernaan daging merah membutuhkan lebih banyak sekresi asam oleh sel parietal lambung dan sekresi enzim yang lebih aktif oleh pankreas agar pencernaan menjadi lebih optimal.

Ilustrasi fillet ikan salmon. (Shutterstock)
Ilustrasi fillet ikan salmon. (Shutterstock)

Jadi jika kita mengonsumsi 3-2 jenis daging tersebut secara bersamaan, mungkin itu akan menimbulkan masalah pencernaan. Berbeda jika kita mengonsumsinya secara berkala dan tidak bersamaan.

"Saat tubuh memproduksi asam berlebih untuk mencerna daging merah ketika mengonsumsinya bersama dengan daging unggas atau ikan. Kondisi itu dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti refluks asam, mulas, sakit perut dan kembung," jelasnya.

Oleh karena itu, kita sama sekali tidak boleh mengonsumsi 3 jenis daging itu secara bersamaan agar tidak merusak proses pencernaan dalam tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini