Info

Rutin Makan Lobak Putih Tiap Hari, Ampuh Kontrol Darah Tinggi dan Diabetes

Lobak putih, sayuran yang populer di India ternyata sangat ampuh mengontrol tekanan darah tinggi dan penyakit serius lainnya.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Manfaat lobak putih untuk kesehatan tubuh manusia (Pixabay/Hans)
Manfaat lobak putih untuk kesehatan tubuh manusia (Pixabay/Hans)

Himedik.com - Lobak putih salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat kesehatan untuk manusia. Bahkan sayuran ini sangat populer di India campuran salad.

Salah satu manfaat lobak putih yang paling menonjol adalah efek anti-hipertensi. Bagi orang yang memiliki darah tinggi, sayuran ini sangat cocok untuk dikonsumsi harian.

Sebuah penelitian dilansir dari thehealthsite.com, menemukan bahwa kandungan etil asetat dalam daun lobak membantu seseorang dengan aktivitas padat dan mengontrol tekanan darah.

Faktor lain yang membuat lobak putih sangat berguna untuk menjaga tekanan darah karena mengandung jumlah kalium tinggi.

Sodium menyebabkan retensi air dan meningkatkan tekanan darah. Sedangkan potasium adalah diuretik dan menurunkan tekanan darah seseorang.

Adapun manfaat lobak putih untuk mengatasi berbagai penyakit serius hingga masalah kecantikan dilansir dari Content Victim via msn.com berikut ini.

1. Mengurangi risiko kanker

Lobak mengandung phytochemical yang memiliki sifat anti-karsinogenik. Selain itu, mereka memiliki vitamin C yang membantu menjaga kesehatan tubuh dan sel-sel.

Sehingga konsumsi lobak dapat menghindarkan kita dari kanker yang bisa menyebabkan kematian.

Lobak putih ampuh mengontrol tekanan darah tinggi (Pixabay/Hans)
Lobak putih ampuh mengontrol tekanan darah tinggi (Pixabay/Hans)

 

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Lobak putih memiliki sifat anti-hipertensi yang membantu mengendalikan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Selain itu, kandungan potasium dalam lobak juga membantu melawan efek buruk dari diet tinggi sodium sehingga menjaga tekanan darah tetap terkendali.

3. Mengontrol gula darah

Insulin adalah hormon yang diproduksi pankreas untuk menyerap glukosa. Pada penderita diabetes, insulin mereka tidak dapat berfungsi baik dalam menyerap glukosa.

Karena itu, mereka tidak bisa makan makanan manis atau bertepung. Lobak putih yang tinggi serat dan indeks glikemik rendah sangat baik untuk penderita diabetes karena tidak menyebabkan kadar gula darah meningkat.

4. Mencegah penyakit kuning

Lobak putih juga sangat efektif mencegah penyakit kuning karena sayuran ini membantu mengatur jumlah bilirubin di dalam darah dan meningkatkan pasokan oksigen.

Karena itu, sayuran ini juga dapat membantu menghindari kerusakan sel darah merah yang disebabkan oleh penyakit kuning.

5. Membuat awet muda

Lobak putih juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang sangat baik untuk melindungi kulit dari paparan radikal bebas.

Kita juga bisa menggunakan lobak mentah dan mengoleskannya ke kulit wajah sebagai pembersih karena memiliki sifat pembersih serta membuat kulit tampak awet muda.

Berita Terkait

Berita Terkini