Info

Jangan Makan Buah Leci Berlebihan, Ini 5 Efek Samping yang Bisa Ditimbulkan

Meski kaya manfaat, leci bisa menimbulkan efek samping jika dikonsumsi berlebihan.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Sebanyak 31 anak meninggal dunia setelah konsumsi buah leci (Pixabay/Brun-nO)
Sebanyak 31 anak meninggal dunia setelah konsumsi buah leci (Pixabay/Brun-nO)

Himedik.com - Buah leci bisa dikonsumsi secara langsung, dicampur teh, atau kue. Buah ini memiliki banyak nutrisi, di antaranya adalah vitamin, mineral, antioksidan, fitonutrien dan lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, Leci juga menyimpan banyak manfaat kecantikan untuk kulit maupun rambut kita. Namun, tahukah Anda bahwa leci yang kaya manfaat dengan sejumlah kandungan nutrisinya ini  ternyata memiliki efek samping jika dikonsumsi berlebihan.

Melansir dari goodhealthall.com, konsumsi leci berlebihan bisa memicu sejumlah penyakit yang mungkin membahayakan nyawa jika tak segera mendapat pertolongan. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Hipoglikemia

Bagi penderita diabetes mengonsumsi leci mungkin sangat membantu untuk menurunkan gula darah, tetapi konsumsi leci yang tidak terkontrol bisa menurunkan gula darah kita ke taraf yang sangat rendah.

Kondisi inilah disebut hipoglikemia. Apalagi jika pasien diabetes sudah mengonsumsi obat untuk mengendalikan kadar gula darah, konsumsi leci justru akan memperburuk kondisinya.

Sebanyak 31 anak meninggal dunia karena keracunan buah leci (Pexels/Pixabay)
Ilustrasi buah leci. (Pexels/Pixabay)

2. Tekanan darah rendah

Selain menurunkan gula darah, konsumsi leci terlalu banyak juga menurunkan tekanan darah hingga ke taraf paling rendah. Biasanya orang akan merasakan gejala seperti pusing, pandangan kabur, mual, dingin, keletihan ekstrem dan pernapasan pendek.

Karena itu, bagi seseorang dengan tekanan darah tinggi dan sudah mengonsumsi obat tetap harus berhati-hati ketika mengonsumsi buah leci.

3. Menghilangkan keseimbangan tubuh

Konsumsi buah leci terlalu banyak mungkin akan meninggalkan rasa 'panas' di dalam tubuh yang bisa menghilangkan keseimbangan tubuh kita. Akibatnya, seseorang mungkin akan mengalami hidung berdarah, sakit tenggorokan, sakit mulut dan lainnya.

4. Autoimun

Leci yang merupakan sumber vitamin C sangat baik untuk melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh. Di sisi lain, leci membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih aktif melindungi diri dari mikroba penyebab penyakit.

Akibatnya, sistem kekebalan tubuh yang hiperaktif inilah dapat meningkatkan risiko penyakit autoimun seperti multiple sclerosis, lupus, rheumatoid arthritis dan lainnya.

5. Meningkatkan gula darah

Meskipun leci dipercaya mampu membantu menurunkan gula darah seperti yang dijelaskan sebelumnya. Bukan berarti leci tidak bisa menaikkan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes.

Bagi penderita diabetes yang sudah minum obat kontrol gula darah lalu mengonsumsi leci bisa mengalami 2 kemungkinan, gula darah akan turun drastis atau justru naik drastis.

Karena itu, penderita diabetes harus sangat hati-hati ketika mengonsumsi leci. Dokter menyarankan untuk tidak mengonsumsi leci lebih dari 6 buah.

Itulah lima risiko kesehatan yang mengintai bila Anda berlebihan makan buah leci, jadi hati-hati ya!

Berita Terkait

Berita Terkini