Info

Kaya Manfaat, Lidah Buaya Ternyata Bisa Menimbulkan Efek Samping Lho!

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan memang tidak diragukan lagi.

Vika Widiastuti

Lidah Buaya. (Pixabay/MetsikGarden)
Lidah Buaya. (Pixabay/MetsikGarden)

Himedik.com - Sudah dikenal umum, jika lidah buaya memiliki banyak manfaat dan kerap digunakan sebagai produk perawatan kulit. Namun, tahukah ternyata lidah buaya memiliki efek samping lho!

Tanaman yang memiliki nama latin aloe vera ini memang mampu merawat kulit wajah agar tidak memiliki banyak kerutan. Selain itu, juga bisa mengatasi jerawat, memudarkan bekas luka, mengatasi luka bakar, dan juga menghidrasi kulit.

Kulit yang kering bisa terasa lebih lembap dan sehat. Namun, pengunaan lidah buaya untuk kulit ternyata dapat menimbulkan efek samping yang mengganggu.

Memang pada umumnya aloe vera aman untuk kulit. Namun dalam beberapa kasus, lidah buaya bisa menimbulkan efek negatif, seperti rasa gatal.

Bagi orang yang mempunyai kulit sensitif, biasanya getah lidah buaya akan menimbulkan rasa gatal. Bukan cuma pada kulit wajah, tapi juga bagian tubuh lain, bahkan kulit kepala.

Aloe vera. (Pixabay)
Aloe vera. (Pixabay)

Jadi, jika rasa gatal tidak juga hilang, lebih baik hentikan pemakaian lidah buaya yang langsung dari tanamannya. Cobalah produk lidah buaya yang sudah diolah atau dikemas.

Rasa gatal hingga terasa perih juga bisa saja timbul. Pada beberapa kasus, lidah buaya bisa menimbulkan reaksi alergi yang sangat serius. Seperti rasa terbakar, panas, dan juga perih.

Itulah efek samping lidah buaya yang bisa saja kamu alami juga. So, lebih hati-hati ya dan mencari solusi lain untuk menggantikan peran lidah buaya dalam perawatan kulit. (Suara.com/Kintan Sekarwangi)

Berita Terkait

Berita Terkini