Info

Sebelum Ikut Situgunung Trail Run 2019, Wajib Konsumsi Makanan Ini!

Sebelum mengikuti olahraga trail running atau lari jejak, asupan makanan harian sangat penting untuk diperhatikan.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi trail running - (Pixabay/nilachalpadmashanti)
Ilustrasi trail running - (Pixabay/nilachalpadmashanti)

Himedik.com - Saat ini olahraga trail running sedang populer dan digandrungi oleh generasi milenial. Selain memberi manfaat kesehatan, olahraga ini juga membangun mood positif karena bisa melihat pemandangan alam sekitar.

Pada dasarnya manfaat kesehatan olahraga ini tak jauh beda dengan lari biasa. Tetapi, kita bisa mendapat manfaat lebih secara mental karena berlari sambil menikmati pemandangan alam.

Nah, bagi Anda yang belum memiliki rencana liburan mungkin bisa mempertimbangkan untuk mencoba olahraga ini dengan mengikuti event lari Situgunung Trail Run 2019 yang diselenggarakan Arkadia Digital Media pada 25 Agustus 2019 nanti.

Apalagi Anda bisa mengikuti event lari Situgunung Trail Run 2019 ini bersama keluarga dengan 3 kategori perlombaan, yakni untuk track lintasan 5 km, 10 km, dan 21 km. Cara untuk bergabung acara ini dengan mendaftarkan diri melalui website www.situgunungtrailrun.com.

Tetapi, sebelum mengikuti olahraga trail running ini Anda juga harus paham asupan nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena, olahraga ini cukup berbeda dengan lari biasa yang artinya membutuhkan lebih banyak nutrisi.

Perlu diketahui bahwa setiap orang membutuhkan asupan kalori sebanyak 200-300 per jam jika ingin berlari. Tetapi, asupan kalori bisa lebih banyak dari itu jika Anda bertubuh besar dan akan mengikuti olahraga lari di medan yang berat.

SitugunungTrail Run 2019 [Suara.com]
SitugunungTrail Run 2019 [Suara.com]

 

Melansir dari rei.com, adapun beberapa hal yang harus diperhatikan dalam makanan dan minuman Anda sebelum trail running.

1. Karbohidrat

Glikogen sebagai bahan bakar utama tubuh sangat dibutuhkan kita sebelum berlari jarak jauh. Glikogen yang berasal dari karbohidrat ini disimpan dalam otot dan hati untuk energi yang mudah diakses dan efisien.

Karena itu, Anda perlu memikirkan asupan karbohidrat sebelum lari, seperti mengonsumsi pasta, roti dan kentang yang membantu mengisi simpanan glikogen.

2. Protein dan lemak

Jika Anda hendak berlari selama 3-4 jam, tubuh akan beralih ke pembakaran lemak dan protein untuk energi. Guna menjaga cadangan energi Anda tetap stabil dalam waktu lama maka perlu asupan sedikit lemak dan protein sebelum berlari.

Konsumsi lemak dan protein tidak hanya membuat tubuh lebih berenergi dalam waktu lama, tetapi juga membuat tenggorokan lebih lega saat berlari.

Selain itu, kita juga perlu mempersiapkan rencana asupan nutrisi sebelum berlari di malam harinya, pagi hari sebelum lari, saat lari dan setelah lari.

Pada malam hari, Anda bisa mengonsumsi makanan jenis karbohidrat tinggi, rendah serat, lemak dan protein.

Pagi hari sebelum lari, konsumsilah makanan tinggi karbohidrat dan sedikit protein. Saat berlari, Anda juga bisa konsumsi karbohidrat dan gula yang mudah dicerna tubuh.

Anda juga tidak boleh melupakan asupan nutrisi setelah lari dengan cara mengonsumsi makanan tinggi protein seperti daging tanpa lemak, ikan, telur dan lainnya.

Dengan begitu Anda sudah siap untuk mengikuti event lari Situgunung Trail Run 2019.

Berita Terkait

Berita Terkini