Info

Mengapa Orang Justru Sakit Setelah Liburan? Ini Cara Mengatasinya!

Menurut ahli, ketika Anda pulang liburan dan harus kembali ke kehidupan normal, tubuh Anda belum sepenuhnya siap.

Vika Widiastuti

Ilustrasi demam. (Shutterstock)
Ilustrasi demam. (Shutterstock)

Himedik.com - Kebanyakan dari kita suka menghabiskan akhir pekan untuk liburan demi menghilangkan stres dari rutinitas atau pekerjaan. Namun, mengapa orang cenderung sering sakit setelah pulang liburan?

Kegiatan ini mungkin akan mengembalikan semangat Anda. Namun, terkadang Anda malah mengalami flu, hidung tersumbat, dan tubuh yang sakit setelah kembali. Hal itu tentu tidak mengenakan.

Lalu mengapa orang cenderung sering sakit setelah pulang dari liburan atau perjalanan?

Dilansir dari timesofindia, entah karena udara dingin atau suhu yang lebih tinggi, sakit perut, sakit kepala yang tidak hilang, sakit setelah perjalanan adalah hal yang cukup umum terjadi.

Menurut ahli, ketika Anda pulang liburan dan harus kembali ke kehidupan normal, tubuh Anda belum sepenuhnya siap.

Selain itu, saat liburan dan berada di luar lingkungan Anda, Anda akan terpapar oleh bakteri dan virus, bersentuhan dengan ratusan orang. Liburan bisa jadi mengubah kebiasaan Anda, tetapi terlalu banyak kuman yang bisa menyebabkan Anda sakit.

Masalahnya adalah beberapa orang yang sakit akan mengunjungi dokter ketika mereka benar-benar tumbang. Tidak heran hal ini dikenal sebagai 'penyakit santai'.

Demam, Flu, Termometer. (Shutterstock)
Demam, Flu, Termometer. (Shutterstock)

 

Alasan lainnya adalah cara Anda bepergian. Jika Anda cenderung melakukan perjalanan dengan penerbangan, maka semakin kemungkinan Anda sakit. Hal ini karena udara dengan kelembapan rendah bisa menyerang saluran hidung dan berpengaruh terhadap tenggorokan.

Bukan itu saja, perjalanan juga bisa sangat melelahkan. Meski menjadi salah satu cara menghilangkan stres dan menjauhi hiruk pikuk rutinitas, pergi ke tempat lain bisa membuat tubuh Anda terbebani sebelum tubuh Anda benar-benar bisa bersantai.

Akan berlipat ganda ketika Anda menghabiskan sepanjang hari berkemas dan memilah barang-barang yang akan dibawa sebelum perjalanan.

Ditambah lagi karena kurang tidur. Saat liburan, tubuh kita akan kurang istirahat dan kurang tidur. Kelelahan merupakan tanda Anda perlu tidur.

Lalu apa yang harus dilakukan? Setelah berlibur berilah tubuh Anda waktu untuk benar-benar bersantai dan menyesuaikan diri dengan rutinitas biasanya.

Jika memungkinkan, ambillah cuti sehari sebelum kembali pada rutinitas normal. Perhatikan pula apa yang Anda konsumsi setelah liburan. Air, sayuran, dan buah-buahan menjadi hal yang Anda butuhkan.

Anda bisa meningkatkan kekebalan tubuh dengan melakukan beberapa latihan ringan, yoga, dan teknik pernapasan.

Berita Terkait

Berita Terkini