Info

Punggung Terasa Sakit dan Nyeri? Coba Posisi Tidur Seperti ini Nanti Malam!

Nyeri dan sakit punggung tidak hanya bisa diobati dengan pijat atau koyo, kita bisa mengubah posisi tidur lebih tepat.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi sakit punggung. (shutterstock)
Ilustrasi sakit punggung. (shutterstock)

Himedik.com - Hampir setiap orang pasti pernah merasakan nyeri atau sakit punggung, baik karena kelelahan bekerja, salah duduk dan posisi tidur dan sebagainya.

Kondisi sakit punggung ini pastinya akan membuat seseorang tidak nyaman beraktivitas karena badan terasa nyeri.

Biasanya banyak orang mengatasi sakit punggung menggunakan koyo atau pijat. Tetapi, bagi beberapa orang cara tersebut mungkin kurang ampuh mengobati sakit punggung.

Melansir dari Bright Side, ternyata ada cara sederhana lainnya untuk mengatasi sakit punggung tanpa mengeluarkan biaya yakni mengubah posisi tidur.

1. Nyeri leher dan punggung bagian atas

Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, cobalah tidur telentang dan letakkan guling atau bantal di bawah punggung lutut untuk mengganjal.

Posisi tidur seperti ini mengurangi tekanan pada area lokal seperti leher dan punggung atas. Posisi ini juga berfungsi untuk menyelaraskan tulang belakang dan organ dalam.

Telentang, posisi tidur paling sehat menurut peneliti. (Shutterstock)
Telentang, posisi tidur paling sehat menurut peneliti. (Shutterstock)

2. Nyeri di sepanjang tulang belakang

Dalam kondisi ini Anda disarankan tidur tengkurap dan beri bantal untuk ganjalan di bawah perut. Pastikan bantal yang digunakan untuk ganjalan ini tipis dan tidak melebihi bantal kepala.

Posisi tidur seperti ini dipercaya dapat mengatasi nyeri di sepanjang tulang belakang.

3. Nyeri punggung bagian bawah

Sakit punggung jenis ini biasanya karena Anda tidur miring dengan tulang belakang melengkung di posisi tidak wajar. Hasilnya, posisi tidur itu akan menambah beban ekstra untuk punggung bawah Anda.

Agar tidak mengalami nyeri punggung bagian bawah, tekuk sedikit lutut Anda ke atas dan letakan bantal di antara kedua kaki. Cara ini mengurangi risiko nyeri punggung bagian bawah.

4. Nyeri pinggang

Jika Anda mengalami sakit pinggang yang terletak di punggung bawah, tidurlah dalam posisi setengah duduk. Karena posisi tidur ini dapat merenggangkan dan menghilangkan kemungkinan ketegangan di atasnya.

Letakkan juga beberapa bantal di belakang punggung hingga leher untuk menyesuaikan lengkungan dan beberapa bantal di bawah lutut hingga ujung kaki.

5. Saraf tegang

Apabila Anda mengalami saraf tegang akibat salah satu tulang belakang bergeser sedikit, tidurlah dengan posisi miring ke kiri dengan melengkungkan tubuh sampai siku dan lutut bersentuhan. Posisi tidur ini dapat mengurangi tekanan di area tulang belakang dan saraf Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini