Info

Talenan Kayu Jauh Lebih Aman untuk Kesehatan Tubuh, Ini Alasannya!

Penelitian menemukan bahwa talenan kayu lebih aman bagi kesehatan jika digunakan harian.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

<p><a href=Talenan. (Pixabay/Pexels)

">

Himedik.com - Selama ini banyak orang memilih menggunakan talenan plastik daripada kayu karena tidak berlubang. Padahal bahan pembuatan talenan itu menentukan aman dan tidaknya digunakan harian.

Hanya ada sedikit orang yang mungkin memperhatikan dan peduli dengan bahan talenannya. Di luar bentuknya yang lebih kuno, talenan kayu justru lebih aman bagi kesehatan Anda jika digunakan harian.

Penelitian telah menunjukkan bahwa talenan kayu lebih bisa bertahan lama dibandingkan talenan plastik. Selain itu, talenan plastik justru lebih banyak menyimpan bakteri.

Menurut Dean O Cliver dari University of California Davis dilansir dari Huffington Post menemukan bahwa talenan kayu mengandung lebih sedikit bakteri salmonella daripada talenan plastik.

Lebih sehat pakai talenan kayu atau talenan plastik (Pixabay/StockSnap)
Lebih sehat pakai talenan kayu atau talenan plastik (Pixabay/StockSnap)

Pada talenan kayu, bakteri akan menembus hingga ke permukaan, tetapi tidak akan berkembang biak dan akhirnya mati.

Beda halnya dengan talenan plastik, bakteri yang tertinggal akan sulit hilang dan mudah menyebar ke pisau maupun bahan makanan lain.

Namun, temuan bahwa talenan kayu lebih aman daripada talenan plastik karena tidak menyebarkan bakteri masih menjadi perdebatan.

FDA berpendapat bahwa talenan kayu dan talenan plastik sama amannya jika sering dibersihkan dan tidak dipakai bertahun-tahun.

"Jika papan talenan sudah aus segera menggantinya karena ini lebih sulit dibersihkan," jelasnya.

Pihaknya menyarakan untuk selalu mencuci papan talenan kayu maupun plastik sehabis digunakan dengan menggosok pelan agar bakteri yang menempel mati.

Hal paling penting yang harus diperhatikan justru pisahlah talenan khusus untuk memotong daging dan sayur. Karena memotong daging dan sayuran di talenan yang sama justru menyebabkan kontaminasi bakteri silang.

Berita Terkait

Berita Terkini