Info

Bukan Saja Ungkapan Perasaan, Memegang Tangan Pasangan Baik bagi Kesehatan

Banyak sekali manfaat dari memegang tangan pasangan, salah satunya meredakan rasa sakit.

Vika Widiastuti

Pasangan/unsplash
Pasangan/unsplash

Himedik.com - Tak sekadar ungkapan perasaan dan membangkitkan emosi, memegang tangan pasangam ternyata bisa memberikan manfaat mental dan fisik. 

Memegang tangan orang terkasih bermanfaat untuk mengurangi stres hingga meringakan rasa sakit.

Namun bukan itu saja, berikut manfaat memegang tangan pasangan yang perlu kamu tahu seperti dilansir dari timesofindia.

1. Bentuk komunikasi non-verbal

Berpegangan tangan merupakan bentuk komunikasi non-verbal. Menurut temukan penelitian yang dilakukan oleh psikolog Matthew Hertenstein, kita bisa mengomunikasikan emosi yang berbeda melalui sentuhan.

Dalam percobaan tersebut, para peserta diminta mengomunikasikan apapun yang mereka rasakan, bukan melalui verbal melainkan melalui sentuhan pada peserta lain. Mengejutkannya, 75 persen penerima secara akurat memahami apa yang sedang disampaikan kepada mereka.

Jadi, jika saat ini Anda sedang berjuang untuk mengekspresikan perasaan Anda kepada pasangan, berpegangan tangan bisa sangat membantu.

Ilustrasi berpegangan tangan. (Shutterstocks)
Ilustrasi berpegangan tangan. (Shutterstock)

2. Meningkatkan hormon 'cinta'

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of California, Los Angeles mengungkapkan, berpengangan tangan juga membantu meningkatkan sekresi hormon cinta oksitosin. Hormon ini bisa meningkatkan empati, kepercayaan, bahkan aktivitas seksual dengan pasangan.

3. Mengurangi stres

Saat menonton film horor, apakah Anda secara tak sengaja meraih tangan pasangan Anda karena merasa takut? Ternyata hal ini ada penjelasan ilmiahnya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Psikolog Klinis Dr James Coan, memegang tangan seseorang yang Anda cintai bisa membantu menghilangkan stres dan membuat Anda merasa puas, serta nyaman.

4. Pereda rasa sakit

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kita kerap memegang tangan orang yang kita cintai saat sakit? Nah, beberapa penelitian yang dilakukan oleh University of Colorado Boulder membuktikan bahwa berpegangan tangan membantu meringankan rasa sakit di tubuh, bahkan menyinkronkan jantung dengan laju pernapasan.

5. Baik untuk jantung

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Behavioral Medicine mengungkapkan, berpegangan tangan membantu mengurangi tekanan darah dan memberikan sensasi nyaman yang membuat jantung tetap sehat.

 

Berita Terkait

Berita Terkini