Info

Bocah 3 Tahun Meninggal Dunia Gara-gara Tersedak Buah Kelengkeng

Tangisan bocah itu langsung mengejutkan orang di sekitarnya.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi buah kelengkeng. (Pixabay/Bigtreegroup)
Ilustrasi buah kelengkeng. (Pixabay/Bigtreegroup)

Himedik.com - Orang tua mestinya waspada. Belakangan ini sudah banyak kasus anak meninggal karena tersedak. Seperti baru-baru ini, seorang anak berusia 3 tahun meninggal karena tersedak buah kelengkeng.

Iban, bocah 3 tahun itu awalnya menikmati makan buah kelengkeng bersama anak-anak lain sepantarannya di depan rumahnya di Sibu, Malaysia.

Melansir dari World Of Buzz, saat itu ayahnya sedang bertani, lalu nenek dan bibinya sibuk mengurus pekerjaan rumah. Tiba-tiba terdengar suara tangisan Iban yang sedang menikmati buah kelengkeng bersama anak-anak lainnya.

Tangisan Iban langsung mengejutkan orang di sekitarnya. Ternyata Iban menangis karena tersedak buah kelengkeng yang membuatnya kesulitan bernapas.

Sang ayah pun segera membawa Iban ke rumah sakit terdekat. Saat itu wajah Iban sudah berubah menjadi ungu dan ia sudah tak sadarkan diri sejak tiba di rumah sakit.

Ilustrasi balita meninggal. (Shutterstock).
Ilustrasi balita meninggal. (Shutterstock).

 

Iban pun meninggal dunia sebelum mendapat pertolongan tim medis akibat tersedak kelengkeng yang membuatnya sulit bernapas.

Perlu diperhatikan, anak usia 3 tahun sudah sepantasnya mendapat perhatian orang tua ketika makan dan bermain. Karena mereka bisa memasukkan apapun ke mulutnya dan membuatnya tersedak, termasuk ketika makan buah-buahan.

Ada beberapa buah-buahan yang sering membuat anak tersedak, seperti buah anggur, kelengkeng dan masih banyak lainnya. Dalam hal ini orang tua perlu memotong kecil buah-buahan yang hendak dikonsumsi Si Kecil.

Meskipun masih banyak orang yang tidak menerapkan cara ini, setidaknya, cara ini meminimalisir risiko anak tersedak.

"Orang-orang sering tidak menyadari bahwa beberapa makanan berisiko membuat anak-anak tersedak. Karena anak-anak membutuhkan makanan dengan ukuran, bentul dan tekstur yang ideal untuk dikonsumsi agar tidak menggangu jalan napasnya," kata Stephen Feltbower, seorang konsultan pengobatan darurat di Rumah Sakit Kerajaan Forth Valley di Skotlandia dikutip dari reuters.com

Di Amerika Serikat, lebih dari 2.100 anak dari tahun 1999 hingga 2013 meninggal dunia karena tersedak. Menurut Academy of Pedriatics, buah anggur menjadi salah satu penyebab paling umum orang tersedak.

Berita Terkait

Berita Terkini