Info

Bisa Menular, Ketahui Cara Mencegah Stres!

Sama seperti pilek atau flu, seseorang sebenarnya bisa 'menangkap' stres dari orang lain.

Vika Widiastuti

Ilustrasi stres - (Pixabay/geralt)
Ilustrasi stres - (Pixabay/geralt)

Himedik.com - Stres ternyata bisa menular dari satu orang ke orang lainnya, sama seperti menguap. Contohnya saat teman atau rekan kerja Anda mengeluh kepada Anda tentang tekanan pekerjaan. 

Hal itu bisa saja langsung mengubah suasana hati Anda. Sama seperti pilek atau flu, seseorang sebenarnya bisa 'menangkap' stres dari orang lain. Jadi tak heran, tak butuh waktu lama kita menjadi tegang melihat orang lain stres.

Ternyata ada penjelasan ilmiah tentang hal ini. Manusia sebenarnya memiliki kemampuan untuk membaca suasana hati dan perilaku orang lain di sekitar kita.

Dilansir dari timesofindia, Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti di University of British Columbia mengungkapkan bahwa di kelas-kelas dasar di mana para guru mengeluh merasa kelelahan dan terlalu banyak bekerja, kadar hormon stres (kortisol) yang tinggi juga ditemukan pada para siswa.

Meskipun masih belum jelas apakah siswa memengaruhi suasana hati guru atau sebaliknya, hal ini menegaskan kembali anggapan bahwa stres memang menular.

Lalu untuk menghindarinya, apa yang perlu dilakukan. Berikut beberapa hal yang bisa mencegah 'tertular' stres.

(Shutterstock)
(Shutterstock)

1. Belajar untuk mengelola dengan baik

Mudah untuk terus mengulangi betapa stresnya Anda, tetapi mengubah sikap terhadap hal itu, bisa saja menjadi lebih baik.

Misalnya, jika Anda merasa terlalu banyak bekerja, mungkin lebih baik tidak membuka email atau melakukan pekerjaan lainnya selama akhir pekan.

2. Perhatikan pernapasan Anda

Ketika diri kita terbebani dengan reaksi orang lain, pernapasan menjadi lebih cepat dan dangkal. Jadi perhatikan pernapasan Anda. Jika Anda bernapas secara perlahan, hal itu akan membantu untuk menenangkan pikiran dan tubuh.

3. Temukan hobi santai
Kadang kita tidak benar-benar memiliki waktu untuk pergi ke gym atau bertemu dengan teman-teman setiap akhir pekan dan tertawa bersama. Padahal hal itu sangat penting. Entah itu zumba atau jogging, perawatan diri adalah metode yang paling efektif untuk menjaga diri dari stres.

4. Menuliskannya

Jika ada banyak hal dalam daftar tugas Anda, sebaiknya menuliskannya dalam selembar kertas dan perlahan-lahan menyelesaikannya. Ketika Anda terus-menerus khawatir akan melupakan sesuatu. Pikiran Anda hanya akan fokus pada tugas yang ada.

5. Jauhi sumber stres

Jika Anda tahu bahwa seseorang akan berada dalam suasana hati yang buruk atau memanggil Anda hanya untuk melampiaskannya, penting bagi Anda untuk tidak melibatkan diri. Entah dengan cara memberikan orang itu kesempatan untuk tenang atau keluar dan mencari udara segar.

6. Tentukan batas

Meskipun terkadang stres membantu Anda menyelesaikan pekerjaan tanpa menunda-nunda, penting untuk mengetahui di mana Anda harus menentukan batas.

Berita Terkait

Berita Terkini